kievskiy.org

Berapa Nominal BLT El Nino? Simak Cara Cek Penerimanya

Ilustrasi uang dan BLT El Nino.
Ilustrasi uang dan BLT El Nino. /Pixabay/Iqbal Nuril Anwar Pixabay/Iqbal Nuril Anwar

PIKIRAN RAKYAT – Simak nominal BLT El Nino yang bisa didapat masyarakat. Bantuan Langsung Tunai tersebut disiapkan Pemerintah untuk mengantisipasi dampak salah satu fenomena alam tersebut.

Diketahui El Nino adalah fenomena naiknya suhu muka laut (SML) di atas kondisi normal. Fenomena yang terjadi di Samudra Pasifik bagian tengah ini berdampak pada berkurangnya curah hujan di Indonesia.

Di antara dampaknya, sehingga Pemerintah mengucurkan BLT El Nino, adalah gagal panen dan kelangkaan pangan terjadi di Indonesia. Selain itu, harga-harga bahan kebutuhan pokok juga naik sehingga menyulitkan masyarakat.

"Pemerintah memberikan tambahan perlindungan sosial, antara lain dengan menggulirkan Bantuan Langsung Tunai El Nino untuk bulan November-Desember guna menjaga daya beli kelompok miskin dan rentan," ujar Febrio Kacaribu yang merupakan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu.

Baca Juga: BLT El Nino Segera Cair, Begini Cara Daftar DTKS Agar Dapat Bantuan

Total dana Rp7,52 triliun, masing-masing mendapat Rp400.000

Pemerintah diketahui menganggarkan dana sampai Rp7,52 triliun. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masuk kategori akan mendapatkan Rp200.000 selama November 2023 dan Rp200.000 lagi pada Desember 2023.

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa apakah Anda merupakan penerima manfaat tersebut. Salah satunya adalah lewat laman resmi Kemensos (Kementerian Sosial). Caranya pun cukup mudah.

Cara pertama cek penerima BLT El Nino 2023:

Baca Juga: Kapan BLT El Nino Rp400 Ribu Cair? Simak Tata Cara dan Tanggalnya

  1. Buka laman resmi Kemensos (KLIK DI SINI)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat