kievskiy.org

4 Fakta BLT El Nino, Tersedia Cara Cek Penerimanya

Ilustrasi uang rupiah dan BLT El Nino.
Ilustrasi uang rupiah dan BLT El Nino. /Antara/Prasetia Fauzani

PIKIRAN RAKYAT – Berikut 4 fakta BLT El Nino yang diluncurkan Pemerintah. Bantuan ini diketahui dijadwalkan cair pada November dan Desember 2023. Nominal totalnya adalah Rp400.000.

Bagi Anda yang ingin mengetahui BLT El Nino tersebut, berikut kami sajikan empat fakta mengenainya selengkapnya:

  1. Bantuan Pemerintah

    Pemerintah mengucurkan BLT El Nino sebagai salah satu bantuan untuk membantu masyarakat. Febrio Kacaribu yang merupakan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu menyebut bantuan itu ditujukan bagi kelompok miskin dan rentan.

    "Pemerintah memberikan tambahan perlindungan sosial, antara lain dengan menggulirkan Bantuan Langsung Tunai El Nino untuk bulan November-Desember guna menjaga daya beli kelompok miskin dan rentan," katanya.

    Baca Juga: Berapa Nominal BLT El Nino? Simak Cara Cek Penerimanya

  2. Dampak El Nino

    BLT El Nino tersebut diluncurkan sebagai upaya mengatasi dampak El Nino, fenomena naiknya suhu muka laut (SML). Dampaknya adalah menyebabkan kekeringan dan berkurangnya curah hujan di Indonesia.

    Selain itu, fenomena tersebut juga cukup berdampak pada naiknya harga-harga kebutuhan pokok di tengah-tengah masyarakat. Pemerintah membantu masyarakat dengan mengucurkan stimulus atau bantuan tersebut.

  3. Cara cek penerima lewat aplikasi

    -    Unduh aplikasi resmi “Aplikasi Cek Bansos” dari Kementerian Sosial Republik Indonesia

    -    Pilih “Buat Akun Baru” jika Anda belum memiliki akun, kemudian isi informasi seperti nomor Kartu Keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat sesuai KTP.

    -    Lampirkan swafoto bersama KTP serta foto KTP, lalu klik “Buat Akun Baru”.

    -    Setelah verifikasi data dilakukan oleh Kemensos, akun atau user ID akan diaktifkan, Anda pun dapat mengakses menu pada Aplikasi Cek Bansos.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat