kievskiy.org

Perdagangan Retail Tumbuh Setelah Dihantam Covid-19, Perekonomian Indonesia Membaik

Warga melintas di samping rak berisi minuman berpemanis di salah satu toko retail, Jakarta, Kamis (14/12/2023).
Warga melintas di samping rak berisi minuman berpemanis di salah satu toko retail, Jakarta, Kamis (14/12/2023). /Antara/Cahya Sari ANTARA FOTO

PIKIRAN RAKYAT - Pertumbuhan perdagangan retail atau eceran mampu memberikan kontribusi positif untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Apalagi dengan prediksi kondisi perlambatan ekonomi global, perdagangan retail bisa diandalkan untuk memberikan peranan penting.

Pertumbuhan retail pascapandemi memang sudah relatif membaik. Jaringan perdagangan retail juga memegang peranan penting bagaimana permintaan atau transaksi masyarakat bisa lebih cepat, sejalan dengan pasokan komoditas yang juga harus cepat.

Menurut ekonom Acuviarta Kartabi, saat perdagangan retail bertumbuh, maka otomatis berkontribusi ke perekonomian melalui sektor perdagangan maupun sektor konsumsi rumah tangga yang meningkat. Dampak lanjutannya, perekonomian negara akan tumbuh lebih baik.

Kenaikan konsumsi rumah tangga juga menunjukkan adanya peningkatan pendapatan nominal serta daya beli masyarakat. Apalagi saat tingkat inflasi bisa dikendalikan, itu semakin jelas menunjukkan kenaikan perekonomian masyarakat yaitu dengan terjadinya kenaikan daya beli masyarakat.

"Sektor perdagangan, khususnya subperdagangan eceran, memang memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia, apalagi pertimbangan ke depan ada perlambatan ekonomi global, sehingga akan banyak komoditas produksi lokal yang harus didorong distribusi pemasarannya secara domestik, dan untuk itu kita mengandalkan perdagangan ritel," ucap Acuviarta di Bandung, Kamis, 14 Desember 2023.

Pelaku usaha retail juga mulai merasakan pertumbuhan setelah pandemi Covid-19 sempat mengalami penurunan. Meski, kondisinya belum persis sama seperti sebelum pandemi melanda.

Menurut Yoelius Saputra, General Manager Marketing ACE, pada tahun 2023, pertumbuhan yang dialami menunjukkan tren positif. Apalagi ketika dibandingkan dengan masa pandemi ketika penjualan ritel lebih dimaksimalkan pada saluran online.

"Di 2023, kita ada pertumbuhan, growth yang cukup baik, apalagi dibandingkan pandemi kemarin. Meski, saat pandemi kemarin kami masih bisa terus berekspansi untuk membuka toko di daerah yang belum ada. Saat pandemi, perdagangan juga tidak hanya melalui online, ada beberapa kemudahan untuk customer berbelanja," ucapnya saat peresmian ACE Plaza IBCC Bandung menjadi toko ACE terbesar di Indonesia, di ACE Plaza IBCC, Jalan Jend. Ahmad Yani, Selasa, 12 Desember 2023.

Pertumbuhan retail didukung kemudahan belanja

Sementara itu, Faozul Wildan selaku General Manager Operational ACE mengatakan, penjualan online saat pandemi memang memberikan kemudahan sehingga bisnis retail bisa tetap berjalan. Apalagi, ada produk esensial yang juga dijual seperti masker yang penjualannya meningkat selama pandemi.

Menurut Faozul, kemudahan bagi konsumen menjadi faktor penting yang membuat bisnis retail bisa terus bertumbuh. Pertumbuhan bisnis retail, menurutnya, turut memberikan kontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat