kievskiy.org

Syaratnya Gampang, Produk BUMDes di Jawa Barat Bisa Dipromosikan di Media Sosial dan Situs Khusus

Dokumentasi - salah satu BUMDes di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Dokumentasi - salah satu BUMDes di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. /Pikiran-rakyat.com/Taufik Rochman

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi memfasilitasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dalam mempromosikan usaha mereka melalui media sosial dan melalui situs atau website khusus produk Bumdes.

Rencananya kerja sama tersebut akan efektif awal Oktober mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pihaknya saat ini tengah meninvetarisir Bumdes yang sudah mengajukan pada pemrov Jabar maupun Kementerian Desa, untuk Promosi Produk BUMDes.

Baca Juga: Membayangkan Ketajaman Lini Serang Atletico Madrid saat Duet Luis Suarez dan Edinson Cavani

“Syaratnya gampang, pemohon melampirkan nama dan logo BUMDes dalam bentuk JPEG, jabatan di BUMDes, Photo Produk Unggulan, profil BUMDes serta deskripsi singkat produk unggulan,” tutur dia, Selasa, 22 September 2020.

Diakui Bambang, upaya tersebut untuk mendongkrak ekonomi Bumdes, di mana kondisi pandemic sekarang sudah mengganggu kondisi ekonomi bahkan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat Sampai -5,9.

Bambang menuturkan, dilihat dari wilayah administrasi Jawa Barat Jabar itu memiliki 5.312 Desa sedangkan Kelurahan ada 645 Kelurahan.

Baca Juga: Usul Ganjar Pranowo, KPU dan Bawaslu Batalkan Paslon di Pilkada, Jika Langgar Protokol Kesehatan

Artinya proporsi Desa itu lebih jauh lebih banyak yangengan posisi jumlah desa yang sangat banyak. Jumlah penduduk yang domisili di desa juga banyak dibanding di perkotaan yang nampaknya bisa diandalkan.

Sata ini, kata Bambang, Bumdes di Jawa Barat sebanyak 4.890 bumdes artinya sedikit lagi yang belum punya BUMDes. Memang diakui bahwa dari 4.890 bumdes Itu yang omzetnya di atas 200 juta pertahun baru sekitar 7% atau sekitar 200-300 bumdes.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat