kievskiy.org

BTPN Kuncurkan Dana Rp6,5 Triliun Akuisisi OTO Grup

BPTN mengakuisisi saham milik OTO Grup, Rabu, 27 Maret 2024.
BPTN mengakuisisi saham milik OTO Grup, Rabu, 27 Maret 2024. /Pikiran Rakyat/ Aldiro Syahrian

PIKIRAN RAKYAT - PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) kucurkan dana Rp6,6 triliun untuk mengakuisisi dua perusahaan pembiayaan yaitu PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF). Dengan mengakuisisi tersebut, BTPN kini menjadi pemegang saham mayoritas OTO Grup.

Henoch Munandar, Direktur Utama PT Bank BTPN mengatakan akuisisi yang dilakukan menjadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam menyediakan portofolio bisnis yang semakin lengkap untuk melayani segmen nasabah lebih luas.

"Bergabungnya OTO Group ke ekosistem Bank BTPN dapat mendorong inovasi produk dan layanan agar semakin relevan, memberikan nilai tambah dan mendorong terciptanya kehidupan yang lebih berarti bagi semua pemangku kepentingan, terutama para nasabah kami,” ungkapnya, Rabu, 28 Maret 2024.

Dana yang dikucurkan tersebut membuat komposisi kepemilikan saham OTO dan SOF menjadi 51 persen milik BTPN PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan Sumitomo Corporation sebesar 34%, dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 15%.

Integrasi OTO Group ke jaringan Bank BTPN diharapkan dapat semakin melengkapi portofolio produk dan layanan Perseroan yang senantiasa relevan bagi nasabah.

Henoch mengatakan sinergi tersebut juga diproyeksikan membuka berbagai peluang baru untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia, khususnya di sektor pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua.

Setelah melakukan akuisisi, kolaborasi kedua perusahaan ini akan meliputi pembiayaan bersama (joint financing), perluasan ekosistem bagi kedua entitas melalui pemanfaatan masing-masing jaringan cabangnya di Indonesia, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program pelatihan bersama.

Kolaborasi keduanya juga diharapkan akan dapat memperluas potensi basis pelanggan OTO Group, serta dapat meningkatkan kualitas kehidupan finansial masyarakat Indonesia.

“Penyelesaian akuisisi ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi OTO Group selama hampir tiga dekade melayani masyarakat Indonesia, dimana sinergi dengan Bank BTPN akan memotivasi OTO Group untuk terus bertumbuh secara berkelanjutan menjadi penyedia solusi keuangan terpercaya bagi masyarakat, serta dapat menciptakan ekosistem pembiayaan yang lebih luas jangkauannya kepada masyarakat," ungkap Victoria Rusna selaku Presiden Direktur SOF dan CEO OTO Group.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat