kievskiy.org

Ini Cara dan Syarat Mendapat Bantuan Baznas dan BI untuk Melunasi Utang

Ilustrasi rupiah. Inilah cara dan syarat mengajukan bantuan ke Baznas dan Bank Indonesia untuk orang yang memiliki utang.
Ilustrasi rupiah. Inilah cara dan syarat mengajukan bantuan ke Baznas dan Bank Indonesia untuk orang yang memiliki utang. /Pixabay/iqbalnuril

PIKIRAN RAKYAT - Memiliki utang merupakan beban yang tak bisa terhindarkan. Walau dalam kesulitan, orang yang berutang wajib membayar utangnya.

Dalam Islam, utang begitu diperhatikan. Dalam hadis riwayat Bukhari nomor 2393, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bahkan menyatakan bahwa orang yang paling baik adalah yang paling baik dalam membayar utang.

Laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Januari 2024 menunjukkan, ada 16,57 juta entitas penerima pinjaman online (pinjol) di Indonesia. Semua entitas peminjam itu memiliki pokok utang yang masih berjalan, nilainya mencapai Rp60,41 triliun.

Jawa Barat menjadi provinsi dengan nilai utang pinjol paling tinggi, Rp16,55 triliun. Nilai tersebut 27,4 persen dari total utang pinjol nasional, mengalahkan Jakarta yang nilai utang pinjolnya mencapai Rp11,17 triliun.

Selanjutnya, Jawa Timur Rp7,54 triliun, Banten Rp5,04 triliun, Jawa Tengah Rp4,74 triliun, Sumatra Utara Rp1,79 triliun, Sulawesi Selatan Rp1,24 triliun, Sumatra Selatan Rp1,11 triliun, Bali Rp1 triliun, dan Lampung Rp941,32 miliar.

Beberapa lembaga memiliki program membantu melunasi utang pinjol, seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Bank Indonesia (BI). Lalu, bagaimana cara dan syarat pengajuannya agar mendapat bantuan tersebut?

Cara dan syarat mendapat bantuan Baznas dan BI untuk melunasi utang

Ilustrasi rupiah.
Ilustrasi rupiah.

Baznas

Baznas merupakan salah satu lembaga yang bersedia membantu warga yang terjerat utang pinjol, bila termasuk kategori asnaf zakat sebagaimana termaktub dalam surah At-Taubah ayat 60. Untuk mendapatkan bantuan dari Baznas, pemohon mesti mengajukan permohonan bantuan dan melampirkan syarat mendapat bantuan Baznas.

Syarat mendapat bantuan Baznas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat