kievskiy.org

Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar Hari Ini Selasa 23 April 2024, Masih Melemah

Ilustrasi kurs nilai tukar rupiah ke dolar hari ini, Selasa 23 April 2024.
Ilustrasi kurs nilai tukar rupiah ke dolar hari ini, Selasa 23 April 2024. /Unsplash/bady abbas

PIKIRAN RAKYAT - Berikut kurs nilai tukar rupiah ke dolar hari ini, Selasa 23 April 2024. Nilai mata uang kita terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melemah sejak beberapa waktu belakangan ini.

Diketahui kurs rupiah sebelumnya melemah akibat tidak pastinya arah peningkatan suku bunga global. Anda bisa mempertimbangkan informasi ini sebelum memulai investasi atau melakukan bisnis.

Berapa kurs nilai tukar rupiah ke dolar hari ini?

Diketahui kurs mata uang Rupiah terhadap mata uang Amerika Serikat adalah Rp16.231,68. Upaya pun dilakukan Bank Indonesia (BI) untuk menjaga agar nilai tukarnya tetap stabil di tengah melemahnya angka tersebut.

Dilansir dari laman Antara, Chief Economist PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Andry Asmoro menyebut konsensus memperkirakan akan ada kenaikan suku bunga acuan oleh BI pada 2024 kali ini. Hal itu dilakukan mengantisipasi menguatnya dolar AS.

"BI mungkin masih berpikir untuk hold dulu. Walaupun ruang naiknya ada, kalau memang rupiah tembus Rp16.500 per dolar AS dan outflow juga masih terus terjadi,” kata Andry di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin 22 April 2024.

Konflik di Timur Tengah dinilai menjadi penyebab meningkatnya dolar tersebut. Konflik itu menyebabkan munculnya tantangan seperti harga komoditas dunia yang mengalami kenaikan seperti minyak mentah.

The Fed sebagai Bank Sentral Amerika Serikat pun berpotensi menerapkan tingkat suku bunga tinggi alias higher for longer. Perekonomian pun diprediksi terbatas akibat adanya inflasi.

"Kan higher for longer. Otomatis potensi untuk ekspektasi pertumbuhan ekonominya jadi terbatas, karena inflasi, cost of borrowingnya jadi tetap mahal. Itu kan implikasinya,” katanya.

"Dari probability market terakhir itu, baru kemungkinan cut rate pada September 2024. Tapi, kalau dilihat dari probability, masih imbang sekitar 40 persen,” tuturnya melanjutkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat