kievskiy.org

Islam Memandang Utang dan Kiat Mendapat Naungan Allah Ta'ala

Ilustrasi rupiah. Inilah pandangan Islam ihwal utang.
Ilustrasi rupiah. Inilah pandangan Islam ihwal utang. /Reuters/Beawiharta

PIKIRAN RAKYAT - Islam begitu memperhatikan utang. Berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 2393, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bahkan mengatakan, orang yang paling baik adalah yang paling baik dalam membayar utang.

Selain itu, orang yang memberi utang bahkan disampaikan, akan diberi kemudahan oleh Allah Ta'ala di dunia dan akhirat. Hal tersebut termaktub dalam hadis riwayat Muslim nomor 2699. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ

Artinya: Barang siapa meringankan sebuah kesusahan seorang mukmin di dunia, Allah akan meringankan kesusahannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan urusan seseorang yang dalam keadaan sulit, Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutup aib seseorang, Allah pun akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya.

Demikian pula bagi orang yang menagih utang. Islam bahkan mengajarkan agar menagih utang dengan baik. Hal itu sebagaimana diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Dalam hadis riwayat Bukhari nomor 2076, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Semoga Allah merahmati seseorang yang bersikap mudah ketika menjual, ketika membeli, dan ketika menagih haknya."

Hadis tersebut dikuatkan dengan hadis riwayat Ibnu Majah nomor 1965 yang isinya sama, menagih utang dengan cara bijak. Pun dengan hadis riwayat Ibnu Majah nomor 1966, kedua hadis tersebut dinilai sahih oleh Syaikh Al Albani.

Memberi waktu bagi yang berutang

Ilustrasi rupiah.
Ilustrasi rupiah.

Bukan cuma Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, Allah Ta'ala juga memberi perhatian terhadap utang. Hal itu termaktub dalam surah Al-Baqarah ayat 280. 

Dalam ayat tersebut, Allah Ta'ala memerintahkan bersabar terhadap orang yang sedang dalam kesulitan, yang belum bisa melunasi utangnya. Memberi waktu kepada orang sedang kesulitan adalah perintah Allah Ta'ala.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat