kievskiy.org

Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar Hari Ini Jumat 19 April 2024, Menguat Tipis

Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. /Antara/Muhammad Adimaja

PIKIRAN RAKYAT – Nilai tukar rupiah ke dollar Amerika Serikat (AS) hari ini Jumat, 19 April 2024 dibuka di level Rp16.207 per pukul 7.20 WIB. Nilai tukar rupiah tak mengalami banyak perubahan jika dibandingkan dengan nilai tukar pada Kamis, 18 April 2024 sore yang mencapai Rp16.220 per dollar AS.

Dolar AS yang melemah pada penutupan Kamis, 18 April 2024 kemarin terjadi karena adanya sentiment penundaan pemotongan suku bunga kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed.

Ekonom Ibrahim Assuaibi menilai prospek suku bunga AS setelah komentar pejabat Federal Reserve memperkuat ekspektasi bahwa pengaturan moneter akan tetap ketat untuk jangka waktu yang lebih lama. Apalagi pasar memperkirakan pemotongan suku bunga The Fed sebesar 44 basis poin tahun ini, jauh lebih rendah jika dibandingkan perkiraan awal tahun yang mencapai 160 basis poin (bps).

Meski dollar mulai melemah, tapi belum bisa dikatakan aman. Kurs rupiah sudah anjlok dan mencapai Rp16.000 per dollar AS sejak 16 April 2025 lalu.

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah 18 April 2024 Menguat terhadap Dolar AS di Tengah Stagnasi, Segini Nilainya

Nilai tukar rupiah yang mencapai Rp16.000 baru pertama kali terjadi sejak 2020 lalu. Tentu saja melemahnya rupiah ini langsung disorot berbagai pihak.

Lalu apa yang menyebabkan rupiah melemah atas dollar AS? Hal itu tak lain karena kuatnya ekonomi AS, sebagaimana bisa dilihat di data inflasi dan retail sales yang masih berada di atas ekspektasi pasar.

Lemahnya rupiah atas dollar AS juga disebabkan karena situasi geopolitik yang memanas. Belum lagi konflik di Timur Tengah antara Iran-Israel Penjajah yang meletus memicu lemahnya rupiah terhadap dollar AS.

Akibat konflik di Timur Tengah itu pula, mata uang emerging market di Asia mengalami pelemahan atas dollar AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat