kievskiy.org

8 Pihak yang Bisa Membantu Saat Terlilit Utang Pinjol

Ilustrasi - 8 pihak yang bisa membantu terbebas dari lilitan utang pinjol.
Ilustrasi - 8 pihak yang bisa membantu terbebas dari lilitan utang pinjol. /ANTARA/Khalis Surry ANTARA/Khalis Surry

PIKIRAN RAKYAT - Ada beberapa tempat yang bisa dimintai tolong untuk mencari jalan keluar terbebas dari lilitan utang pinjaman online (pinjol).

Berikut ini sejumlah pihak yang bisa ditemui untuk dimintai bantuan ketika hendak menyelesaikan utang pinjol:

1. Lembaga Keuangan Resmi

Saat hendak membebaskan diri dari utang pinjol, ajukan pinjaman konsolidasi dari lembaga keuangan resmi seperti bank atau koperasi kredit.

Pinjaman ini bisa membantu melunasi utang dari pinjol dengan suku bunga yang lebih rendah.

2. Organisasi Nirlaba

Banyak organisasi nirlaba menawarkan layanan konseling keuangan gratis atau dengan biaya rendah. Mereka dapat membantu menilai situasi keuangan dan memberikan saran tentang langkah-langkah yang harus diambil untuk menyelesaikan utang.

3. Program Pembayaran Berbasis Penghasilan

Beberapa organisasi menawarkan program pembayaran berbasis penghasilan di mana pembayaran bulanan akan disesuaikan dengan penghasilan pengguna program. Ini dapat membantu membuat pembayaran pinjaman lebih terjangkau.

4. Klinik Hukum

Jika masalah hukum terkait pinjaman online mendera, klinik hukum bisa menjadi salah satu pihak yang dicari dan dimintai tolong. Mereka menyediakan layanan hukum gratis atau dengan biaya rendah.

5. Komunitas Dukungan

Bergabung dengan komunitas dukungan atau forum online yang membahas masalah keuangan dan utang juga bisa membantu, terutama dalam hal dukungan emosional. Di sini juga dipastikan banyak saran dari orang-orang yang mengalami situasi serupa.

6. Pendamping Keuangan

Memiliki pendamping keuangan pribadi yang dapat memberikan bimbingan dan akuntabilitas dalam mengelola utang Anda juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat