kievskiy.org

Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar AS Hari Ini 20 Mei 2024, USD Makin Melemah

Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. /Antara/Aprillio Akbar

PIKIRAN RAKYAT – Kurs nilai tukar rupiah ke dollar AS hari ini Senin, 20 Mei 2024 mulai menguat. Dolar AS (USD) terhadap rupiah pada Minggu, 19 Mei 2024 ditutup dengan nilai 15.965.

Nilai tukar rupiah ke dollar AS memang menguat meski tidak banyak perubahan. Pada Senin, 20 Mei 2024 pagi nilai tukar rupiah ke dollar AS dibuka di angka 15.964.

Rupiah berada di titik terendah pada pertengahan April 2024 kemarin. Bahkan sejumlah pihak khawatir Indonesia akan mengalami krisis moneter seperti tahun 1998 silam.

Pertengahan April 2024 lalu, nilai tukar rupiah atas dollar AS mencapai Rp16.000an. Faktor kondisi global dan perang di beberapa tempat, membuat masyara dunia berbondong-bondong melakukan investasi safe haven.

Baca Juga: Ebrahim Raisi Hilang, Vladimir Putin Kirim Dua Pesawat Canggih untuk Cari Keberadaan Presiden Iran

Saat ini menguatnya rupiah dipengaruhi oleh penurunan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) AS pada April 2024 kemarin. Menguatnya data rupiah juga dipengaruhi faktor eksternal yakni perlemahan daya-daya ekonomi dan inflasi AS.

"Rupiah menguat terhadap dolar AS dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu perlemahan data-data ekonomi dan inflasi AS yang rilis tadi malam dan proyeksi peningkatan klaim pengangguran AS sehingga menambah optimisme pasar terhadap proyeksi penurunan suku bunga di bulan September," ujar analis Bank Woori Saudara Rully Nova.

Penyebab rupiah melemah

Ada beberapa faktor yang membuat rupiah sempat melemah atas dollar AS. Bahkan penyebabnya bukanlah masalah yang sederhana, ada dari internal dan eksternal. Berikut ini penyebab merosotnya nilai rupiah terhadap dollar AS.

  • Turunnya supply dollar Amerika Serikat
  • Turunnya harga komoditas ekspor
  • Tingginya tingkat impor
  • Perekonomian AS yang meningkat

Di tahun ini, menguatnya dollar AS disebabkan karena esklasi di Timur Tengah makin panas. Konflik tersebut memicu masyarakat memilih aset save haven yang menguntungkan mereka, terutama dollar AS dan emas. Sehingga nilai dollar AS dan harga emas bisa melambung tinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat