kievskiy.org

BRI Peduli Jurnalis Mengajar, Puluhan Jurnalis Jadi 'Guru Dadakan' Beri Literasi Media

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi saat menyerahkan bantuan peralatan sekolah kepada siswa SDN 01 dan 02 Gunung Geulis di Kabupaten Bogor, Sabtu 18 Mei 2024.
Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi saat menyerahkan bantuan peralatan sekolah kepada siswa SDN 01 dan 02 Gunung Geulis di Kabupaten Bogor, Sabtu 18 Mei 2024. /Nuryani Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT-Ratusan murid SDN Gunung Geulis 1 dan 2 Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor tampak antusias dan semringah ketika jajaran bank milik pemerintah BRI menyambangi sekolah mereka, Sabtu 18 Mei 2024. Mereka memberikan sambutan yang meriah terhadap jajaran perusahaan milik negara tersebut yang hadir membawa puluhan rombongan jurnalis dari penjuru nusantara dalam kegiatan bertajuk BRI Peduli Jurnalis Mengajar.
 
Nyanyian selamat datang dipersembahkan dengan posisi dalam barisan yang cukup rapi di lapangan sekolah. Selanjutnya mereka menikmati aneka permainan dan hadiah yang diberikan bagi siapapun yang dengan tepat menjawab pertanyaan dari pihak BRI.

Setelah itu, para murid SD tersebut diarahkan untuk kembali masuk ruangan kelas. Saat itu, bukan guru-guru yang mengajar namun puluhan jurnalis penerima beasiswa BRI berperan menjadi guru dadakan, mengenalkan profesi jurnalis dan media pada anak-anak sekolah dasar tersebut.

Seperti halnya di salah satu kelompok kelas, para jurnalis yang usai mengenalkan dirinya masing-masing menanyakan informasi terakhir yang sedang ramai dibicarakan. Mereka di antaranya menyebut dua film horor yang sedang ramai diperbincangkan yaitu Vina dan Siksa Kubur.

Ketika ditanya apakah mereka nonton langsung ke bioskop ternyata jawabnya tidak. Selama ini arus informasi yang mereka konsumsi diperoleh dari platform media social TikTok. Selebihnya dari tayangan televisi.

Namun mereka sama sekali tidak mengetahui adanya media massa berbasis online maupun cetak bahkan elektronik. Mereka hanya tertegun dan saling pandang tidak tahu harus menjawab apa. "Taunya cuma TikTok," ungkap salah satu anak.

Tapi di antara mereka ada yang  ingin berprofesi menjadi jurnalis. Alasannya biar bisa masuk tayangan televisi. Namun mereka terlihat belum memiliki gambaran profesi pilar keempat negara tersebut.

Para jurnalis saat itu melakukan beberapa role playing atau simulasi pekerjaan jurnalis sehingga mereka mulai terbayang dan memahami kinerja jurnalis.

Pada kesempatan tersebut, BRI melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli memberikan bantuan infrastruktur penunjang di SD Negeri (SDN)  01 dan SDN 02 Gunung Geulis, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor. Bantuan diberikan antara lain bantuan sarana dan prasarana penunjang pendidikan seperti perbaikan lapangan upacara, toilet dan kantin sekolah.

BRI Peduli juga menyalurkan bantuan peralatan sekolah bagi siswa SDN 01 dan SDN 02 Gunung Geulis dan pemberian bingkisan bagi para siswa serta paket sembako bagi para guru di sekolah tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat