kievskiy.org

OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit, Ini Respon BRI

DIREKTUR Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso.
DIREKTUR Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso. /DOK. Corporate Secretary Bank BRI

PIKIRAN RAKYAT - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. akan melanjutkan program restrukturisasi kredit menyusul keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memungkinkan perpanjangan implementasi Peraturan OJK Nomor 11 Tahun 2020 tentang Restrukturisasi Kredit.

Menurut Direktur Utama BRI Sunarso, perpanjangan masa berlaku POJK Nomor 11 Tahun 2020 akan meringankan beban banyak debitur BRI terdampak pandemi Covid-19.

BRI siap merespon perpanjangan waktu restrukturisasi untuk memperluas pemberian keringanan kepada para debitur.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, 7 Fitur Ini Harus Diperhatikan saat Beli HP Baru

“BRI menyambut baik perpanjangan tersebut. Kebijakan ini membuat BRI bisa lebih leluasa mencari dan memberi restrukturisasi untuk para nasabah. Restrukturisasi kredit bermanfat bagi mereka bisa menjadi peringan beban yang berarti di tengah kondisi sulit seperti ini,” ujar Sunarso, Selasa 20 Oktober 2020.

Hingga akhir September 2020, BRI sudah memberikan restrukturisasi kredit terhadap 2,9 debitur dengan total pinjaman mencapai Rp191,50 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp166,80 triliun restrukturisasi diberikan terhadap debitur UMKM atau setara 87,10 persen dari total restrukturisasi perseroan.

“Restrukturisasi yang diberikan banyak menyasar debitur UMKM sebagai kelompok nasabah terbesar BRI. Dampak krisis akibat pandemi yang menimpa pelaku UMKM membuat banyak pengusaha sektor ini yang butuh bantuan. Karena itu, sebagai bank yang core business-nya ada di UMKM, BRI fokus untuk menyelamatkan UMKM,” ujarnya.

Baca Juga: Studi Ungkap Robot akan Hancurkan 85 Juta Pekerjaan dalam 5 Tahun ke Depan

“Prioritas BRI saat ini adalah sustainability karena harus memperbesar pencadangan sebagai langkah antisipasi ke loan at risk dan BRI akan menjaga NPL Coverage di atas 200%,” pungkas Sunarso.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat