kievskiy.org

Penyebab Pusing Saat Berdiri dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda merasa pusing saat berdiri secara tiba-tiba atau saat bangun dari tempat tidur? Dalam beberapa kasus, biasanya rasa pusing ini disertai dengan pengelihatan yang kabur.

Rasa pusing ini tidak akan berlangsung lama. Biasanya orang hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk berdiam diri hingga rasa pusing tersebut hilang. Namun, tahukah Anda mengapa rasa pusing tersebut muncul saat kita berdiri?

Seperti dikutip dari Time, ahli menamai kondisi ini dengan sebutan hipotensi ortostatik awal (OH). Jika Anda sering mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini tidak berbahaya.

“Gejala ini terjadi karena adanya penurunan sementara jumlah darah yang memasok oksigen ke otak,” kata  Ikram, peneliti dan ketua epidemiologi OH, di Erasmus University Medical Center Rotterdam di Belanda.

Seperti botol air

Bayangkanlah tubuh dan aliran darah Anda sebagai botol air yang setengah penuh. Jika botol air dalam posisi tergeletak, cairan di dalamnya akan menjadi rata. Tetapi ketika botol tersebut diberdirikan, air akan meluncur ke bawah. Hal serupa juga akan terjadi pada tubuh Anda ketika berdiri.

“Gravitasi membuat sebagian besar darah turun ke kaki dan tubuh bagian bawah. Sehingga jantung dan pembuluh darah harus bekerja lebih banyak untuk mendapatkan jumlah darah yang cukup ke otak Anda,” kata Ikram.

Sementara itu, Rebecca Gottesman, profesor neurologi di Johns Hopkins University, mengatakan OH dapat terjadi kapanpun tekanan darah Anda menurun oleh sebab apapun. Biasanya, orang-orang yang memiliki tekanan darah rendah adalah mereka yang sangat bugar dan sering berlatih fisik untuk kompetisi ketahanan. Orang-orang seperti ini cenderung lebih sering terkena gejala OH.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat