kievskiy.org

1.000 Karyawan di Karawang Akan Dirumahkan

KARAWANG, (PR).- PT Beesco Indonesia, yang berlokasi di Jalan arteri Karawang-Cikampek, Kecamatan Purwasari, Karawang, dalam waktu dekat akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 500 karyawannya. Sementara 1.000 karyawan lainnya akan dirumahkan.

Kebijakan tersebut terpaksa diambil perusahaan akibat naiknya upah buruh pada 2017 ini yang menembus Rp Rp 3.616.017,- per bulan.

"Kami sudah tidak sanggup lagi membayar upah sebesar itu. Kami terpaksa harus mengurangi jumlah karyawan agar perusahaan tetap bisa berproduksi," ujar General Manager PT Beesco Indonesia, Asep Agustian di kantornya, Selasa 3 Januari 2017.

Menurut Asep, perusahaan yang memproduksi sepatu untuk diekspor tersebut sebelumnya memiliki 6.500 karyawan. Pendidikan mereka rata-rata hanya lulusan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

"Mereka tidak punya keahlian lain selain membuat sepatu hasil didikan kami," kata Asep.

Disebutkan pula, perusahaan tidak mampu mempertahankan mereka
agar tetap bisa bekerja di PT Beesco. Biaya produksi yang terus naik termasuk meningkatnya upah buruh membuat perusahaan mengeluarkan kebijakan setrategis melakukan PHK dan merumahkan sebagian karyawan.

"Jika kebijakan itu tidak ditempuh, dampaknya akan sangat fatal. Perusahaan bakal kolaps dan semua karyawan akan kehilangan pekerjaan alias menganggur," ujar Asep.

Dalam kesempatan itu, Asep menuturkan pula, para pengusaha di Karawang tidak bangga dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karawang yang menjadi yang tertinggi di Indonesia. Sebab, upah yang tinggi tersebut membuat sejumlah perusahaan harus harus gulung tikar atau melakukan pemecatan terhadap sejumlah karyawannya.

Apalagi, tingginya UMK di Karawang merupakan dampak dari kebijakan politik Cellica untuk meraih suara buruh sebanyak-banyaknya dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2015 silam. "Saya tidak bangga dengan nilai UMK tertinggi di Indonesia. Sebab, akibat kebijakan itu, kami harus mem-PKH ribuan karyawan," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat