kievskiy.org

Selama Ramadan, Jalur Pendakian Ciremai via Palutungan Ditutup

Gunung Ciremai.*
Gunung Ciremai.*

KUNINGAN, (PR).- Jalur pendakian Gunung Ciremai melalui Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Ciugur, Kabupaten Kuningan, selama bulan puasa ramadan 1439 Hijriyah ditutup total untuk aktivitas pendakian. Penutupan sementara satu dari empat jalur pendakian menuju puncak gunung berapi tertinggi di Jawa Barat itu dilakukan atas keputusan Pengelola Pendakian Gunung Ciremai dan Ranger Jalur Palutungan.

Ketua PPGC Jalur Palutungan Endun Abdullah didampingi salah satu anggotanya Sandi Baron, menyebutkan penutupan jalur Palutungan diberlakukan selama sebulan penuh muai tanggal 17 Mei hingga 17 Juni 2018. “Selama itu, PPGC Palutungan tidak akan membuka layanan pendakian Ciremai. Pos tiket pendakian tutup, tidak ada penjualan tiket,” kata Sandi kepada “PR”, Rabu, 16 Mei 2018.

Untuk mencegah pendaki masuk Jalur Palutungan,personel ranger akan piket bergiliran untuk mengawasi dan mencegah pendaki masuk jalur tersebut. Pengawasan dilakukan di sejumlah titik pintu masuk jalur Palutungan.

“Jika dalam masa penutupan jalur ada pendaki lolos dari pengawasan kami, dan memaksakan diri memasuki jalur Palutungan, berarti itu pendaki ilegal. Dan, jika mengalami musibah atau masalah kepada yang bersangkutan, itu di luar tanggung jawab kami. Risikonya tanggung sendiri,” ujarnya.

Endun dan Sandi menyebutkan, ada beberapa alasan penutupan jalur Palutungan dilakukan. Di antaranya,  karena personel PPGC dan Ranger di bulan puasa sengaja ingin meliburkan diri dari urusan pelayanan pendaki.

Selain itu juga demi pemulihan habitat Ciremai di sepanjang jalur pendakian.  “Paling tidak selama satu bulan, berbagai satwa yang biasa berkeliaran di sekitar jalur Palutungan bisa leluasa berkeliaran dan beraktivitas tanpa terganggu kehadiran manusia,” ujar Sandi.

Dia menambahkan, keputusan PPGC Palutungan menutup jalur Palutungan untuk pendakian Ciremai selama satu bulan ke depan, sudah dilaporkan resmi kepada Balai Taman Nasional Gunung Ciremai.

Pengelolaan oleh lokal

Dimintai keterangan mengenai hal itu, Kepala Balai TNGC Kuswandono didampingi Humas BTNGC Agus Yudantara, menyebutkan penutupan jalur pendakian itu bersifat lokal diputuskan dan diberlakukan PPGC Palutungan. Agus mengungkapkan, pengelolaan jalur dan pelayanan pendaki Gunung Ciremai selama ini memang diberikan BTNGC kepada kelompok pengelola masing-masing jalur pendakian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat