kievskiy.org

154.000 Pemudik Lebaran 2023 Masuk Wilayah Priangan Timur, Termasuk Tasikmalaya

Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.
Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah. /Humas Pemda Jawa Barat

PIKIRAN RAKYAT -  Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, melakukan pengecekan kesiapan armada arus mudik Lebaran 1444 H di Terminal Indihiang Kota Tasikmalaya. Dalam kesempatan tersebut, dia didampingi Kapolres Tasikmalaya kota AKBP Sy Zainal Abidin dan jajaran Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya.

Cheka Virgowansyah mengatakan, total pergerakan arus mudik untuk musim Lebaran Ramadan 2023 meningkat dari tahun sebelumnya dan diperkirakan sekitar 123.800 juta pemudik di seluruh Indonesia.

"Cukup banyak kenaikannya sejak pandemi Covid-19 mulai menurun. Untuk itu kita harus lebih siap dalam mengantisipasi arus mudik," ujar Cheka.

Baca Juga: Organda Tasikmalaya Desak Penyesuaian Tarif Angkutan Umum Jelang Lebaran 2023

Dari angka pergerakan arus mudik secara nasional, yang masuk ke sejumlah wilayah di Jawa Barat mencapai sekitar 16 persen.

"Dari 16 persen yang masuk ke Jawa Barat tersebut, sekitar 154.000 pemudik masuk wilayah Priangan Timur termasuk ke Kota Tasikmalaya"

"Artinya jumlah arus mudik tahun ini ke Priangan Timur termasuk ke Kota Tasik jumlahnya cukup banyak dibanding tahun sebelumnya," ujar Cheka.

Salah satu bagian dari kesiapan menghadapi arus mudik tersebut yaitu melakukan pengecekan kesiapan armada angkutan mudik. Menurutnya, ada tiga pengecekan yang harus dilakukan, pertama pengecekan kelaikan jalan armada seperti sistem pemgemudi, sistem pengereman, sistem penerangan, atau lampu-lampu dan yang lainnya.

Baca Juga: Angkasa Pura Prediksi 3,9 Juta Pergerakan Penumpang pada Lebaran 2023, Pertumbuhan Capai 34 Persen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat