kievskiy.org

1.440 Balita di Bekasi Terindikasi Obesitas

Ilustrasi obesitas anak.
Ilustrasi obesitas anak. /Freepik/rawpixel.com

PIKIRAN RAKYAT - Ribuan anak usia bawah lima tahun (balita) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terindikasi mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal itu didapatkan dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat sampai pertengahan 2023.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bekasi, Supriadinata pun menuturkan bahwa obesitas menjadi salah satu persoalan gizi pada balita di wilayahnya. Masalah tersebut pun menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, selain stunting dan gizi buruk.

Dia mengatakan bahwa pemicu obesitas pada balita di Kabupaten Bekasi, disebabkan beberapa faktor. Mulai dari pola makan yang tidak sesuai dengan anjuran kesehatan, yakni tidak sehat, porsi berlebih, hingga faktor genetik.

Oleh karena itu, peran aktif orangtua dibutuhkan untuk mencegah obesitas, mengingat pemicu persoalan gizi ini berawal dari konsumsi makanan tidak sehat, berlebihan, serta konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori. Namun, makanan yang dikonsumsi rendah nutrisi dan tanpa diikuti aktivitas fisik yang cukup.

Baca Juga: Ahli Gizi IPB: Balita yang Minum Kopi Bisa Idap Hipertensi Saat Dewasa

"Kemudian persoalan di wilayah-wilayah urban seperti di Kabupaten Bekasi itu banyak orangtua yang bekerja. Bapak dan ibunya pergi pagi dan pulang malam, sementara bayinya diasuh orang lain," kata Supriadinata di Cikarang, Sabtu 1 Juli 2023.

"Bisa jadi agar diam, si bayi dikasih makanan minuman manis secara terus-menerus hingga memicu obesitas," ucapnya.

Supriadinata menyatakan bahwa obesitas pada balita juga bisa disebabkan oleh faktor internal, yakni keturunan atau kelainan genetik. Meski begitu, kecenderungan faktor ini relatif lebih kecil dibandingkan pengaruh lingkungan luar, yakni pola makan tidak sehat dan berlebihan.

Dari 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi, tercatat hanya dua kecamatan yang saat ini terbebas dari masalah obesitas pada balita. Kedua Kecamatan itu adalah Pebayuran dan Cabangbungin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat