kievskiy.org

30.000 Lebih Jemaah Haji Jabar Sudah Tiba di Makkah

Para jemaah haji di Mekkah.
Para jemaah haji di Mekkah. /Pikiran Rakyat/Novianti Nurulliah

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 30.375 lebih jemaah asal Jawa Barat telah tiba di Mekkah seiring dengan puncak haji yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2023 mendatang. Sementara kedatangan terakhir jemaah haji pada 22 Juni 2023. Tersisa belasan kloter dari Embarkasi Jakarta Bekasi dan Kertajati belum sampai di Mekkah. 

Jemaah haji yang sudah tiba di Mekkah mayoritas telah menunaikan Umrah wajib bersama jutaan jemaah haji dari berbagai penjuru dunia yang juga sudah memadati Kota Mekkah. 

Terlihat di area Masjidil Haram jemaah berbondong-bondong melaksanakan Umrah silih berganti membuat rumah Allah itu tak pernah sepi. 

Jemaah asal Jawa Barat yang ditempatkan di wilayah Mahbas Jin dan Juga Syisyah menggunakan bis shalawat untuk menuju Masjidil Haram, tanpa dipungut biaya. 

Baca Juga: Media Asing Soroti Keputusan Indonesia Beli 12 Pesawat Tempur Bekas dari Qatar

Tema Haji Ramah Lansia nampak dengan saling bahu membahu antara sesama jemaah haji membantu jemaah lansia untuk dapat melaksanakan ibadah Umrah. 

Sementara mereka yang sudah menjalani ibadah Umrah mengisi kegiatan di hotel dengan tetap beribadah seperti membaca quran dan berzikir serta solat berjamaah di musola hotel. 

Banyak menjalani ibadah di luar hotel atau menuju Masjidil Haram tidak dianjurkan karena jemaah harus jaga kondisi badan menjelang puncak haji atau fase Arafah Muzdalifah Mina. 

Baca Juga: Warga Paris vs Tikus, Apa Saja Penyakit yang Bisa Dibawa oleh Hewan Pengerat Ini?

Petugas kesehatan pun tetap memantau kesehatan jemaah menjelang puncak haji. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat