kievskiy.org

Tanah Bergerak, Pemukiman Warga Terancam Rusak

CILACAP, (PR),- Empat rumah di zona merah  bencana tanah bergerak  Dusun Cicadas Desa Malabar Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dilaporkan terancam rusak. Zona tanah bergerak mencapai luas 1,5 hektar.

Keempat rumah tersebut  milik Taryo, Murtinah,  Mad Chaerudin,  Andi Purwanto. Rumah milik Sorju juga mengalami kerusakan, meski berada di luar zona gerakan tanah. Selain itu, satu rumah lain di luar zona pergerakan tanah namun turut rusak adalah miliki Sarju yang terdiri dari empat jiwa.

"Kerusakan, mulai dari lantai retak hingga tembok retak karena pergesaran tanah," kata Kepala UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap wilayah Majenang, Edi Sapto Priyono, Kamis, 5 Januari 2017.

Zona longsor mencapai luas 1,5 hektar, panjang mahkota retakan mencapai 150 meter dengan lebar retakan antara 5-15 centimeter. Zona longsor meliputi  perkebunan rakyat dan   permukiman penduduk.   "Hari ini warga menutup retakan dan membuat parit pembuangan air agar tidak masuk ke retakan tersebut," jelasnya.

Selain mengancam perumahan warga, retakan tanah juga terjadi di Jalan Kabupaten yang menghubungkan Desa Malabar menuju Desa Adimulya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat