kievskiy.org

1.164 Layar Bioskop Kembali Beroperasi, Industri Film Berharap Banyak untuk Pulih

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meninjau bioskop XXI di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur, Jakarta, Minggu 3 Oktober 2021.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meninjau bioskop XXI di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur, Jakarta, Minggu 3 Oktober 2021. /Antara/HO-Kemenparekraf

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap uji coba pembukaan bioskop di sejumlah wilayah yang telah menerapkan PPKM level 2 dan 3 dapat menggerakkan roda perekonomian pelaku industri film.

“Mudah-mudahan uji coba pembukaan bioskop ini bisa membangkitkan kembali ekosistem bioskop dan film-film nasional,” kata Sandiaga Uno saat meninjau Bioskop XXI di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur seperti dalam keterangan persnya, Minggu 3 Oktober 2021.

Pelaku industri ekonomi kreatif, khususnya perfilman mengalami dampak signifikan akibat pandemi Covid-19. Padahal, selama ini perfilman menjadi subsektor yang cukup menjanjikan dalam berkontribusi terhadap pendapatan negara.

Baca Juga: Jokowi Mendadak Keluarkan Skill Main Bola di Papua, Mantan Pemain Persipura Kaget

Pada 2019, kontribusi industri film terhadap produk domestik bruto nasional sebesar Rp15 triliun.

Demi menjalankan roda perekonomian industri film, pemerintah melakukan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat, termasuk pembukaan kembali bioskop per 16 September 2021.

Uji coba itu diiringi tahapan evaluasi yang dilakukan berkala. “Seperti refreshment ini juga kami akan evaluasi, seandainya memang sudah ada persetujuan dari Satgas Covid-19 dan teman-teman dari sisi kesehatan akan kami pertimbangkan untuk dievaluasi,” ujar Sandiaga Uno.

Dalam kunjungannya, dia mencoba secara langsung dan mengamati alur protokol kesehatan yang diterapkan, mulai dari scan kode QR melalui aplikasi PeduliLindungi, menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan, dan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk bioskop.

Baca Juga: Pidato Jokowi Buat Masyarakat Papua 'Histeris', 3 Kalimat Saja Sukses Pecahkan Atmosfer Stadion Lukas Enembe

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat