kievskiy.org

JICA Sepakat Pembangunan Pelabuhan Patimban Dipercepat

JAKARTA, (PR).- Delegasi Japan International Cooperation Agency (JICA) bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Rabu 26 Juli 2017. JICA selama ini telah membiayai sejumlah proyek infrastruktur yang cukup besar di Indonesia, termasuk Pelabuhan Patimban di Subang.

Presiden JICA, Shinichi Kitaoka, mengatakan bahwa ia telah membahas beberapa proyek yang ditangani perusahaannya. Salah satunya adalah Pelabuhan Patimban, MRT (mass rapid tranportation), dan kereta cepat Jakarta-Surabaya dengan Jokowi. Dia menyepakati signifikansi proyek tersebut untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dia pun kemudian menyatakan, pentingnya ketiga proyek tersebut diselesaikan dengan cepat. "Dari tiga proyek yang sebelumnya telah disebut, saya menyetujui pentingnya proyek itu bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal, terutama di Sulawesi. Juga pentingnya menjaga keamanan maritim dan mempercepat waktu penyelesaian setiap proyek," kata dia. Ia memberikan pernyataan pers seusai pertemuan.

Kemajuan proyek pembangunan

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, salah satu pembahasan dalam pertemuan adalah mengulas kemajuan proyek-proyek yang selama ini telah berlangsung. Beberapa proyek yang diulas adalah Pelabuhan Patimban di Subang, MRT di Jakarta, dan kereta cepat Jakarta-Surabaya.

"Presiden Joko Widodo meminta agar proyek-proyek itu dipercepat penyelesaiannya," kata dia seusai pertemuan.

Menurut dia, Jokowi meminta kepada delegasi JICA agar proyek-proyek yang tengah dibangun dikelola dengan prinsip-prinsip yang baik. Penyelesaiannya pun perlu dipercepat agar masyarakat, menurut Jokowi sebagaimana diucapkan Sri Mulyani, bisa segera merasakan manfaatnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, poin penting dari pertemuan dengan JICA adalah terkait kemajuan proyek yang tengah berlangsung. "Yang penting, mereka semua akan mempercepat prosesnya," kata dia.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat