kievskiy.org

2023 Suram, Jokowi Minta Pemimpin Dunia Jangan Sepelekan Krisis Pupuk

Presiden Indonesia Jokowi membuka forum KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, pada Selasa, 15 November 2022.
Presiden Indonesia Jokowi membuka forum KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, pada Selasa, 15 November 2022. /Tangkapan layar YouTube.com/Sekertariat Presiden

PIKIRAN RAKYAT – KTT G20 merupakan forum antar pemerintah dunia yang telah menjadi acara tahunan, yang saat ini diadakan di Bali, Indonesia sebagai tuan rumah acara penting tersebut.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan agar segala pembahasan dalam pertemuan KTT G20 ini tidak boleh mengalami kegagalan, sehingga manfaatnya pun bisa dirasakan oleh dunia.

“Hari ini mata dunia tertuju pada pertemuan kita. Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal,” kata Jokowi, dilansir Pikiran-rakyat.com dari Antara.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa keberhasilan dapat tercapai apabila semua pemimpin dan delegasi tanpa terkecuali memiliki komitmen, mau bekerja keras, menyisihkan perbedaan-perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang nyata, serta sesuatu yang bermanfaat bagi dunia.

Baca Juga: Momen Iriana Jokowi Berfoto dengan Ibu Negara Para Pemimpin Dunia yang Hadir di KTT G20 Bali

Dalam kesempatan ini juga, Presiden Jokowi menyinggung soal pupuk yang kini tengah menjadi perhatian dunia.

Menurut orang nomor satu di Indonesia itu, persoalan pupuk ini tidak bisa disepelekan karena akan berimbas pada banyak hal, terutama dalam menghadapi 2023 mendatang yang disebut-sebut menjadi tahun yang lebih suram.

Krisis tersebut bisa semakin buruk menjadi krisis pasokan pangan, karena kelangkaan dan mahalnya harga pupuk dapat meningkatkan harga pangan di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Lewat KTT G20 Bali, Zelensky Sampaikan Syarat Agar Ukraina Damai dengan Rusia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat