kievskiy.org

600.000 Kendaraan Belum Kembali ke Jabodetabek, Menhub: Hindari Puncak Arus Balik 30 April 2023

Foto udara antrean sejumlah kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023). Lalu lintas arus balik menuju Jakarta pada arus balik H+3 terpantau rami lancar dan pemberlakuan contraflow sampai KM 47 Jakarta-Cikampek hingga pukul 24.00 WIB.
Foto udara antrean sejumlah kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023). Lalu lintas arus balik menuju Jakarta pada arus balik H+3 terpantau rami lancar dan pemberlakuan contraflow sampai KM 47 Jakarta-Cikampek hingga pukul 24.00 WIB. /Antara/Fakhri Hermansyah

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik kedua pada Minggu, 30 April hingga 1 Mei 2023. Dia meminta masyarakat memanfaatkan perjalanan di sisa waktu tanggal 27-29 April.

"Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin," ujar Menhub dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis, 27 April 2023.

Berdasarkan data Kemenhub, hingga Kamis masih ada sekitar 55,8 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa. Kemudian, kata Menhub, sebagian wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur ada Lebaran ketupat.  

"Kita masih ada 5 hari lagi sampai dengan 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik karena masih ada Lebaran Ketupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di Minggu, 30 April nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan," ujarnya, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Jakarta Padat tetapi Pemerintah Bilang Masih Bisa Tampung Pendatang Selepas Lebaran 2023

Selain itu, kepadatan saat arus balik juga akan terjadi karena adanya pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini. Sehingga, jika dibiarkan, jumlah pergerakan kendaraan itu berpotensi terjadi kemacetan total.

600.000 kendaraan belum kembali ke Jabodetabek

Sementara itu, kepolisian menyebut hingga Jumat, 28 April 2023, sekitar 600.000 kendaraan belum kembali ke DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) selama arus balik Lebaran 2023. Dari temuan itu, polisi memprediksi akan terjadi gelombang arus balik kedua pada akhir pekan ini.

Baca Juga: Pemudik Puas atas Kinerja Polri yang Wujudkan Arus Mudik-Balik Aman dan Lancar

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi memperkirakan mayoritas dari 600.000 kendaraan itu akan pulang pada 30 April 2023. Pasalnya, pihaknya belum menemukan adanya aktivitas arus balik yang tinggi di beberapa ruas tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat