kievskiy.org

Subang Tuan Rumah Asian Games 2018 Cabang Balap Sepeda dan MTB

SUBANG, (PR).- Kabupaten Subang sudah dipastikan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Cabang Olahraga Balap Sepeda. Di antaranya mempertandingkan nomor Kriterium, ITT dan MTB.

Khusus nomor MTB rencananya akan diikuti 33 negara yang akan dilaksanakan mulai 18 Agustus 2018 dipusatkan di Desa Wisata Bunihayu, Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang.

"Subang jadi tuan rumah balap sepeda jalan raya dan MTB sudah fix. Pelaksanaannya akan berlangsung sekitar dua minggu. MTB lokasinya di Desa wisata Bunihayu sedangkan balap jalan raya di Subang Kota ke arah pantura melalui jalur Sadang dan kembali lagi ke Subang Kota," ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Subang, Ahmad Sobari, Kamis, 8 Maret 2018.

Menurut dia, pelaksanaan even tersebut sepenuhnya menjadi kewenangan panitia Asian Games. Artinya ajang tersebut tidak melibatkan panitia daerah.

Sedangkan peran Disparpora hanya akan membantu menyiapkan 'clear and clean' jalur yang akan dilalui peserta, maupun lokasi sebelum lomba dimulai.

“Ada dua lomba yang dipertandingkan yaitu MTB dan jalan raya. Panitia minta semuanya steril, termasuk bila di lokasi ada pedagang harus dibersihkan dulu. Arus lalin di jalan yang menjadi lintasan juga harus benar-benar kosong. Itu artinya kepolisian akan bekerja ekstra keras selama Asian Games berlangsung," ujarnya.

Ketua ISSI Kabupaten Subang Yayat Rizky mengatakan persiapan menghadapi Asian Games 2018 sejauh ini adalah delegasi tim survei dari Hongkong sudah datang ke Subang. Mereka meninjau kesiapan sekaligus menilai lokasi dan rute yang akan digunakan.

Rute untuk kelas kriterium dan ITT dimulai dari Subang Kota ke arah Sadang, masuk Jatisari lalu ke Ciasem, dan putar balik ke arah Subang Kota lagi.

"Hasil kerja tim itu sudah dilaporkan ke pantia Asia. Sekarang kami masih menunggu keputusan, sekaligus tindaklanjutnya. Kalau buat MTB lokasinya sudah disurvei juga dan kendala sarana prasarana seperti jalan masuk ke lokasi sedang dikerjakan dengan didanai oleh pusat," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat