kievskiy.org

GBK Bakal Dipakai Konser NCT Dream, PSSI Harap Pengelola Lakukan Hal Ini Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. /Pikiran Rakyat/Irwan Suherman

PIKIRAN RAKYAT - Tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia akan bertanding melawan Irak dan Filipina dalam putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F pada Juni 2024. Nantinya, mereka akan berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. 

Pada Selasa, 14 Mei 2024 sore, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi pun meninjau langsung kondisi terkini GBK. Ia mengatakan bahwa rumput GBK jauh lebih baik dibandingkan  saat Timnas Indonesia berlaga melawan Vietnam pada 21 Maret 2024, lalu. 

Namun sebelum pertandingan itu digelar, stadion utama GBK akan digunakan lebih dahulu untuk konser solo boy band asal Korea Selatan, NCT Dream pada Sabtu, 18 Mei 2024. 

Terkait dengan hal itu, Yunus mengharapkan pengelola GBK bisa menjaga rumput di lokasi tersebut dengan maksimal setelah konser NCT Dream selesai. Ia pun akan kembali meninjau GBK guna mengetahui kesiapan stadion tersebut.

“Mudah-mudahan setelah konser NCT Dream segera dibenahi dan dimaksimalkan pemeliharaannya. Nanti enam hari setelah konser, saya akan kembali untuk melihat rumput di GBK,” katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Kamis, 16 Mei 2024. 

Kesiapan Rumput Adalah Tanggung Jawab GBK

Jelang dua laga Timnas Indonesia tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) untuk memastikan rumput pertandingan memiliki kualitas yang baik.

"Sudah (komunikasi dengan pengelola GBK). Saya tekankan kepada GBK untuk rumputnya harus sesuai standar internasional karena ini pertandingan kualifikasi Piala Dunia," ujarnya. 

Erick Thohir pun menjelaskan bahwa kesiapan rumput di GBK merupakan tanggung jawab pihak pengelola stadion.

"Jadi bebannya bukan di saya, tetapi di GBK untuk kesiapan rumput," tuturnya.

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia menduduki peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Saat ini, hanya butuh satu kemanangan lagi untuk mengantarkan Timnas Indonesia ke putaran ketiga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat