kievskiy.org

BERITA BAIK, PCR COVID-19 Buatan Indonesia Siap Diproduksi Massal, Target Awal 100.000

PCR COVID-19 Buatan Indonesia siap diproduksi massal oleh BPPT. Target awal, BPPT akan memproduksi 100.000 kit.
PCR COVID-19 Buatan Indonesia siap diproduksi massal oleh BPPT. Target awal, BPPT akan memproduksi 100.000 kit. /DOK. East Ventures DOK. East Ventures

PIKIRAN RAKYAT - Bak oase di tengah gurun, kabar baik untuk penanganan pasien virus corona di Indonesia saat semakin bertambahnya jumlah pasien positif.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Indonesia Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19), sebentar lagi dapat memproduksi sendiri test kit Polymerase Chain Reaction (PCR) secara mandiri.

PT Biofarma tengah menargetkan produksi sebanyak 100.000 kit PCR sebagai target awal.

Baca Juga: Dengar Kabar Kobe Bryant Meninggal, Hnata Lebih Cepat Selesaikan Lagu 24

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi BPPT, TFRIC19 sendiri dibentuk atas inisiasi BPPT yang ditunjuk sebagai koordinator percepatan pengembangan produk dalam negeri, guna mengatasi wabah COVID-19.

BPTT melalui akun Instagramnya @bppt_Ri menulis bahwa saat ini prototipe sedang dibuat bersama dengan Nusantics Genetics yang selanjutnya akan diuji oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI (Balitbang Kemenkes).

Nusantics Genetics merupakan salah satu startup yang mendapat pendanaan dari East Ventures.

Perusahaan modal ventura ini memaksimalkan ekosistemnya untuk mendukung pengembangan prototipe alat uji PCR yang dikerjakan oleh Nusantics.

Baca Juga: Dokter hingga Jubir Kesehatan Ungkap Rahasia Kota Wuhan Akhirnya Catat Nol Kasus Covid-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat