kievskiy.org

255.000 Pelanggan Listrik di Cimahi dan KBB Dapat Fasilitas Gratis dan Diskon 50 persen

ILUSTRASI PLN.*/DOK. PR
ILUSTRASI PLN.*/DOK. PR

PIKIRAN RAKYAT - Sedikitnya 255.000 pelanggan listrik wilayah Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Cimahi bakal mendapat pembebasan tagihan hingga diskon biaya listrik. Pembebasan pembayaran listrik gratis berlaku selama tiga bulan terhitung April-Juni 2020.

"Pada intinya kami men-suport kebijakan pemerintah dan mulai menerapkannya," ujar Manager Bagian Pemasaran PLN UP3 Cimahi Moh. Nizar Anwaruddin, Jumat, 17 April 2020.

Wilayah kerja PLN UP3 Cimahi meliputi Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pembebasan tagihan listrik alias gratis berlaku untuk 200.000 pelanggan daya 450 VA, pelanggan listrik dengan daya 900 VA bersubsidi  mencapai 55.000 pelanggan akan mendapat diskon tarif 50 persen.

Baca Juga: Dua Lansia PDP Covid-19 Pangandaran Meninggal Dunia di RSUD Banjar

Pihaknya siap menjalankan intruksi dari Presiden Joko Widodo dan PLN pusat, untuk membebaskan dan memberikan diskon bagi pelanggan pemilik Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) dan yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT).

Untuk pelanggan pascabayar yang mendapatkan pembebasan biaya maupun diskon, terang Nizar, pelanggan langsung dibebaskan dari pembayaran. “Kalau yang pascabayar ini otomatis pelanggan langsung gratis,” jelasnya.

Sedangkan untuk yang pelanggan prabayar, lanjutnya, pelanggan bisa mengakses website PLN, aplikasi PLN Mobile dan beberapa media sosial seperti WhatsApp, dan Telegram.

Baca Juga: Rumah Amal Salman Bagikan 1.100 Paket Sembako untuk Warga Bandung

Menurut Nizar, kendala saat ini terutama pendistribusian token kepada pelanggan prabayar. PLN UP3 Cimahi akan bekerjasama dengan desa maupun kelurahan untuk pendistribusian token listrik prabayar. Total pelanggan prabayar mencapai 56 persen dari total 485.750 pelanggan di Kota Cimahi dan 664.553 pelanggan di KBB.

“Untuk token ini perlu pendistribusian. Kami koordinasi dengan kepala desa dan kelurahan untuk didistribusikan,” jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat