kievskiy.org

2.768 Usaha Pariwisata di Jawa Barat Tutup, Disparbud Sampaikan Langkah Strategis

/Dok Disbudpar Jabar

PIKIRAN RAKYAT – Berdasarkan data per tanggal 16 April 2020, terdapat 2768 usaha pariwisata di wilayahnya yang tutup. Imbasnya, sekitar 33.084 tenaga kerja pariwisata hampir kehilangan mata pencaharian. 

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun segera mengambil langkah strategis untuk menanggulangi krisis di sektor wisata yang terjadi akibat pandemi Covid-19.

Selama pagebluk ini, usaha pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terpukul. 

 Baca Juga: Single vs Pacaran, Mana yang Lebih Baik?

"Ada 2768 usaha pariwisata , yang terdiri dari destinasi wisata, hotel, dan ekraf (ekonomi kreatif) yang sudah tutup dengan sumber daya manusia pariwisata di Jabar sekitar 33.084 tenaga pariwisata yang terkena dampak” ujar Kepala Disparbud Jawa Barat Dedi Taufik dalam keterangan resminya, Sabtu 18 April 2020.

Menurut Dedi, pada fase krisis ini, langkah pertama yang akan diambil Disparbud Jabar adalah membantu para pelaku dan tenaga kerja sektor pariwisata yang terkena dampak.

Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan dan program kepada mereka yang bergantung pada industri ini.  

Baca Juga: Mocca Gelar Konser Online, Stay Home Stay Happy 

"Fokus kita di point tiga kepada pekerja yang bergerak di sektor pariwisata dan UMKM, kami coba bersinergi dan berkoordinasi dengan kabupaten/kota," kata dia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat