kievskiy.org

1.500 Orang Jadi Petugas 'Sorlip' Surat Suara Pemilu 2024 di Kabupaten Bandung

Ilustrasi pemilu 2024.
Ilustrasi pemilu 2024. /Antara/Arnas Padda

PIKIRAN RAKYAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung mulai melakukan proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara Pemilu 2024 pada Januari mendatang. Sekitar 1.500 orang akan dilibatkan untuk menyelesaikan sorlip surat suara, yang totalnya berjumlah 13.568.200 lembar.

Kasubag Umum, Keuangan, dan Logistik KPU Kabupaten Bandung Dheny Irawan mengatakan, total surat suara itu untuk lima jenis pemilu, yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu DPR RI, Pemilu DPD RI, Pemilu DPRD Provinsi Jawa Barat, serta Pemilu DPRD Kabupaten Bandung.

"Kebutuhan surat suara di Kabupaten Bandung ialah sebanyak 2.713.640 lembar untuk tiap jenis pemilu, totalnya berarti dikalikan lima yaitu 13.568.200 lembar. Rencana kegiatan sortir lipat surat suara Pemilu 2024 di KPU Kabupaten Bandung dijadwalkan pada 8-17 Januari 2024 atau selama 10 hari," kata Dheny, Kamis, 28 Desember 2023.

Menurut dia, kegiatan sorlip tersebut bakal dilaksanakan di gudang logistik KPU Kabupaten Bandung, yang berada di Kompleks Pergudangan Swallow, di Jalan Raya Kopo, Desa Pangauban, Kecamatan Katapang. Selain untuk menyimpan logistik pemilu, gudang itu pun dinilai representatif buat kegiatan sorlip surat suara.

Baca Juga: Remaja Kurang Tidur Berisiko Tinggi Terkena Masalah Obesitas, Diabetes, hingga Penyakit Mental

"Gudang kami insya Allah aman dari banjir, karena sebelum disewa itu disurvei dulu, termasuk oleh tim appraisal dari lembaga eksternal. Terkait antisipasi kebocoran karena sekarang masuk musim hujan, kami pun sudah mitigasi sejak awal, sebelum ada barang yang datang," katanya.

Sebagai pengaman tambahan, lanjut dia, semua logistik pemilu juga sudah ditutup dengan terpal. Dheny, menjelaskan, saat ini semua dus surat suara masih tersegel belum dibuka, sehingga belum diketahui jumlah surat suara yang rusak.

"Ketika sorlip surat suara, pengawasan internal dilakukan secara berlapis mulai dari KPU, panitia pemilihan kecamatan (PPK) sampai panitia pemungutan suara (PPS). Dari pihak eksternal juga diawasi oleh Bawaslu dan Polresta Bandung," katanya.

Baca Juga: Polres Pangandaran Ungkap Jumlah Kasus Tindak Pidana dan Narkoba Sepanjang 2023

Di samping itu, dia menambahkan, pengamanan tambahan juga dilakukan KPU dengan memasang CCTV terintegrasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat