kievskiy.org

50.000 Orang Tanda Tangani Petisi Desak PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong /Antara/Mohammad Ayudha

PIKIRAN RAKYAT – Setidaknya hampir 50.000 orang telah menandatangani petisi mendesak PSSI segera memperpanjang kontrak pelatih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Petisi desakan “STY Stay” tersebut diunggah di laman Change.org

Petisi tersebut dibuat sejak 31 Januari 2024 oleh Divo Sashendra mengatasnamakan Komunitas Indonesia Pride. Hingga artikel ini dimuat pada Kamis, 1 Februari 2024 pukul 13.30 WIB, petisi sudah ditandatangani 49.542 dari target 50.000 orang dan terus bertambah.

Bahkan, 46.067 orang di antaranya meneken petisi desakan PSSI segera perpanjang kontrak STY pada hari ini.

Alasan petisi ini dibuat diungkapkan langsung oleh pembuat petisi Divo Sashendra. Kata dia, petisi ini dibuat karena mayoritas pendukung Timnas Indonesia di media sosial Instagram dan Twitter (sekarang X) mendukung perpanjangan kontrak STY sesegera mungkin.

Baca Juga: Mantan Pelatih Timnas Sebut Target yang Diberikan ke Shin Tae Yong Hal Biasa di Dunia Profesional

“Dan adanya rekam jejak terhadap kebiasaan PSSI untuk mengganti Pelatih saat Proses Timnas sedang sangat baik seperti era Luis Milla adalah hal yang sangat mencemaskan kami sebagai Suporter Timnas,” kata pembuat petisi itu, dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Divo menilai STY punya rekam jejak bagus selama 4 tahun melatih Timnas Indonesia, walaupun 2 tahun di antaranya sepak bola Indonesia diterjang Covid-19.

“STY berhasil meloloskan Indonesia ke Piala Asia setelah 17 tahun dan untuk pertama kalinya Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia, STY juga untuk pertama kali nya meloloskan Indonesia ke Piala Asia U23, selain itu STY juga membawa perubahan signifikan ke ranking Indonesia dari peringkat 176 ke 142 FIFA,” tuturnya.

Komunitas Indonesia Pride menegaskan seharusnya PSSI tidak berasalan lagi untuk menunda atau mengulur waktu untuk perpanjangan kontrak STY. Pasalnya, mereka khawatir pelatih asal Korea Selatan itu akan dibajak negara lain yang melakukan penawaran jika nasibnya digantung PSSI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat