kievskiy.org

Industri Kecil Makanan Sampai Kerajinan, Total 160 IKM Dapat Desain dan Cetak Kemasan Gratis  

IKM makanan memperoleh desain gratis.
IKM makanan memperoleh desain gratis. /Dok. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat

 

PIKIRAN RAKYAT - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Industri Pangan, Olahan, dan Kemasan (IPOK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat memberikan pelayanan desain dan cetak kemasan gratis, terhadap 160 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Jawa Barat. 

UPTD IPOK menargetkan 160 IKM tersebut mendapatkan pelayanan desain dan cetak kemasan gratis sampai akhir tahun 2020 ini melalui layanan Rumah Kemasan.

Kepala Seksi Pengembangan Usaha UPTD IPOK Detty Tatianada mengatakan, pelayanan terhadap 160 IKM tersebut akan dikerjakan selama satu bulan setengah. Dalam waktu tersebut pihaknya harus menuntaskan dua layanan tersebut.

Baca Juga: Ditangkap KPK atas Dugaan Korupsi, Wali Kota Cimahi Jalani Pemeriksaan

"Ada dua layanan, yaitu desain kemasan dan cetak kemasan. Untuk desain kemasan tidak ada syarat siapapun boleh. Tetapi untuk cetak kemasan ada syaratnya dia harus memiliki sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikat Halal. Kalau PIRT itu dari dinkes, kalau halal ada fasilitasinya juga dari Disperindag. Sebenarnya hampir semua gratis sampe ke cetak kemasannya," katanya, Kamis, 26 November 2020.

Detty mengatakan, meski tidak memungut biaya sepeser pun Rumah Kemasan Disperindag Jabar bekerja optimal. Adapun peminat terhadap layanan ini berasal dari bidang usaha yang bervariasi, mulai dari makanan, minuman, kerajinan dan industri kecil lainnya. Namun saat ini usaha di bidang makanan lebih menjamur dibandingkan bidang lainnya. 

Detty berharap, layanan desain kemasan dan cetak kemasan ini memberikan manfaat terhadap para industri kecil untuk bersaing di pasaran. Sehingga, perekonomian yang lesu dihantam Covid-19 bisa kembali merangkak naik. 

"Jadi mereka bisa bersaing, yang namanya IKM mereka bersaing di pasaran. Karena banyak produk makanan yang bermunculan di tengah Covid-19, orang-orang pada berinovasi. Dengan kemasan yang kita berikan mereka lebih mampu untuk mendapatkan pendapatan lebih banyak, dengan difasilitasi cetak kemasan dan desain kemasan," ujar dia. 

Untuk diketahui, di UPTD IPOK Disperindag Jabar sendiri memiliki dua layanan, yang pertama layanan mesin, sewa tanah dan bangunan, itu  akan menghasilkan retribusi. Dengan layanan ini para IKM bisa mendapatkan mesin yang mereka butuhkan jauh dengan harga di pasaran. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat