kievskiy.org

Terus Menjaring Peluang, Asep Sasar Pasar Global Lewat BRI UMKM EXPO[RT] BRILIANPRENEUR

Ilustrasi furniture.
Ilustrasi furniture. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Terus menjaring peluang. Itulah yang selalu mendorong langkah Asep Supriyatna (55) mengembangkan usaha furniture dan dekorasi rumah pada 1996 silam.

Kini, hampir 24 tahun kemudian, bisnis home décor and craft di bawah bendera CV Maras ini bertekad menangkap peluang yang lebih luas di pasar internasional dan menggarap potensi lokal.

Asep merupakan pendiri sekaligus pemilik CV Maras, eksportir furniture dan dekorasi rumah yang berbasis di Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: 6 Pengikut Habib Rizieq Tewas Tertembak Peluru Panas Polisi, Banyak Media Asing Soroti Kasusnya

Usaha ini bermula ketika Asep, yang saat itu masih bekerja sebagai marketing di sebuah perusahaan trading, mendapat pesanan satu model meja kursi dari pembeli di Belanda.

“Permintaan suplai mebel itu saya ajukan ke manajemen, karena bukan lini produk yang dipasarkan kantor jadi diarahkan untuk diserahkan ke tempat lain. Nah, peluang ini saya tangkap. Lalu saya berkenalan dengan beberapa supplier dan produsen, membuat sampel dan setelah itu buyer dari Belanda itu menjadi partner bisnis saya,” tutur Asep.

Selama dua tahun, usaha mebel milik Asep berjalan secara informal, baru pada 1998 dia memberanikan diri untuk mendirikan CV. Nama Maras yang disematkan pada bendera usahanya, merupakan singkatan dari Marten dan Asep. “Marten itu nama buyer yang dulu memesan meja kursi di tahun 1996, dan jadi partner bisnis saya yang pertama. Saya kemudian fokus mengembangkan usaha di bidang mebel dan berorientasi ekspor,” jelas Asep.

Produk furniture yang dipasarkan Asep menggunakan bahan baku lokal, dengan sumber pasokan dari sentra-sentra industri mebel dan kerajinan di Tanah Air seperti Cirebon, Jepara, Solo, Yogyakarta hingga Bali.

Baca Juga: BRI Prioritaskan Alokasi Sumber Daya untuk Bangun Desa Jadi Sentra Produksi

Kualitas dan keunikan desain yang sesuai pasar ekspor menjadi kunci keunggulan produk, selain proses produksi yang dibuat dengan cara handmade.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat