kievskiy.org

Menteri BUMN: BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Program Tepat UMKM Naik Kelas

Salah satu produk UMKM.
Salah satu produk UMKM. /Adv/BRI

PIKIRAN RAKYAT - Strategi tepat harus dimiliki untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia agar semakin banyak yang berorientasi ekspor. Apalagi, potensi UMKM Indonesia untuk menjadi aktor sentral dalam perdagangan internasional begitu besar.

Hal ini disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir dalam bincang-bincang “Strategi BUMN untuk Menyiapkan UMKM yang tangguh di Pasar Global” yang digelar secara daring, Rabu 9 Desember 2020. Talkshow tersebut merupakan rangkaian kegiatan pameran industri kreatif berorentasi ekspor “BRI UMKM EXPO[RT] BRILIANPRENEUR 2020” yang diselenggarakan Bank BRI sebagai rangkaian acara HUT ke 125 tahun.

“Saya yakin program BRILianpreneur adalah program yang tepat bagi UMKM untuk naik kelas. BRILianpreneur sebagai inkubator dapat membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas usaha UMKM untuk berorientasi ekspor.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Prebiotik dalam Perawatan Mikroba Kulit, Salah Satunya Bisa atasi Jerawat

Lebih jauh lagi, dalam acara ini Bank BRI juga mendatangkan investor atau pembeli dari luar negeri, sehingga akan semakin membuka akses produk UMKM Indonesia ke pasar global,” tutur Erick.

Menurut Erick, peningkatan kapasitas dan kualitas UMKM harus dilakukan secara serius agar Indonesia tidak hanya menjadi negara tujuan atau pasar produk-produk dari luar negeri. Karena itu, pembentukan iklim usaha yang sehat harus dibuat untuk mendorong pertumbuhan UMKM.

Erick berkata, momentum pandemi Covid-19 harus dimanfaatkan pelaku UMKM untuk melakukan lompatan dan berinovasi dalam menjalankan bisnis. Peluang untuk bangkit harus dimaksimalkan agar ke depannya, pasca pandemi, UMKM bisa semakin menguasai pasar domestik hingga internasional.

Baca Juga: Hasil Real Quick Count PKS dan Situng KPU, Pasangan Calon Cellica-Aep Masih Unggul di Atas 55 Persen

“Saat ini Indonesia memiliki sejumlah 55 juta middle income class yang ke depan juga akan double dengan purchasing power yang setiap tahun mengalami peningkatan. Middle income class tentu saja lebih selektif dalam memilih produk-produk UMKM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat