kievskiy.org

Upaya BRI Mencari Sumber Pertumbuhan Baru di Segmen UMKM

DIREKTUR Utama BRI Sunarso saat meninjau kegiatan petani, BRI mendukung kebangkitan UMKM untuk mendorong perekonomian Nasional.
DIREKTUR Utama BRI Sunarso saat meninjau kegiatan petani, BRI mendukung kebangkitan UMKM untuk mendorong perekonomian Nasional. /DOK. Corporate Secretary Bank BRI

PIKIRAN RAKYAT - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan dan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Komitmen BRI dalam pengembangan UMKM terlihat dari besarnya rasio pembiayaan yang disalurkan perusahaan untuk sektor ini, dan rasionya ditargetkan akan terus bertambah ke depannya.

Hingga kuartal III tahun lalu, tercatat 80,65 persen alokasi kredit BRI disalurkan kepada debitur UMKM. Capaian ini lebih cepat terwujud dibanding target awal perusahaan yang memproyeksikan penyaluran pembiayaan hingga 80 persen pada 2022.

Baca Juga: Tinjau Penanganan Gempa, Jokowi dan Rombongan Terbatas Bertolak ke Sulawesi Barat

Setelah target tersebut tercapai, BRI berkomitmen tetap meneruskan penyaluran kredit dan pemberdayaan UMKM hingga mencapai 85 persenke depannya.

“Tantangannya adalah mencari sumber pertumbuhan baru. Strateginya kamiakan mencari di dua area. Pertama, (nasabah) yang eksistingkaminaik kelas-kan. Kedua, kami cari sumber baru yaitu mencari (kelompok debitur) yang lebih kecil daripada mikro. Maka kami go smaller,kecil-kecil, tapi harus banyak,” ujar Direktur Utama BRI Sunarso dalam Webinar bertajuk Kebangkitan UMKM untuk Mendorong Perekonomian Nasional yang diselenggarakan pada Senin 18 Januari 2020.

Untuk memperbesar dukungan dan pemberdayaan bagi UMKM dan pelaku usaha ultra mikro, BRI akan semakin mendorong digitalisasi proses penyaluran pembiayaan.

Melalui digitalisasi, pelayanan keuangan secara cepat dan berbiaya rendah (go faster and go cheaper) bisa dilakukan BRI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat