kievskiy.org

Cadangan Minyak Bumi Indonesia Habis 9,5 Tahun Lagi, Menteri ESDM Blak-blakan Terkait Ketersediannya

Ilustrasi kilang minyak lepas pantai.
Ilustrasi kilang minyak lepas pantai. /ESDM.go.id

PIKIRAN RAKYAT - Negara Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alam, kendati demikian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa cadangan minyak bumi di negeri ini bakal tersedia hingga 9,5 tahun ke depan.

Sementara itu, cadangan gas bumi menurut Menteri ESDM Arifin Tasrif bakal habis sekira 19,9 tahun lagi. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta.

"Umur cadangan minyak bumi diperkirakan akan habis 9,5 tahun dan minyak bumi akan habis sekitar 19,9 tahun,” kata Menteri ESDM Arifin Tasrif, Selasa 19 Januari 2021, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Baca Juga: Banyak Dicari, ASN Penyintas Covid-19 Diimbau Lakukan Donor Plasma Konvalesen, Wujud Sumbangsihnya

Selengkapnya cek YouTube Pikiran Rakyat

 

“Ini dengan asumsi tidak ada penemuan cadangan baru dan tingkat produksi minyak bumi pada level 700 ribu bopd (barrel oil per day) dan gas sebesar 6 bscf (billions of standard cubic feet of gas),” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Arifin Tasrif menuturkan bahwa cadangan minyak bumi nasional sebesar 4,17 miliar barel dengan cadangan proven atau terbukti sebanyak 2,44 miliar barel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat