kievskiy.org

Tren Positif Pembalikan di Beberapa Indikator, Menko Airlangga Hartarto Yakini Ekonomi Indonesia Kian Pulih

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. /DOK. Kemenko

PIKIRAN RAKYAT - Perekonomian Indonesia diyakini semakin mengalami pemulihan dari dampak pandemi Covid-19. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan pemulihan perekonomian ini tercermin dari tren positif pembalikan di beberapa indikator.

"Kita lihat indeks keyakinan konsumen sudah membaik di level 96,5 pada Desember. Tentu kita harapkan ini bisa progres 100 persen," katanya dalam acara Akselerasi Pemulihan Ekonomi di Jakarta, Selasa 26 Januari 2021.

Baca Juga: Analis: Kasus Covid-19 Indonesia Tembus 1 Juta Turut Pengaruhi Koreksi IHSG Selasa Sore

Airlangga mengatakan salah satu indikator terjadinya pemulihan adalah indeks keyakinan konsumen (IKK) yang telah mencapai 96,5 pada Desember 2020 karena 50 persen dari perekonomian basisnya adalah konsumsi.

Kemudian juga dapat dilihat dari PMI Manufaktur yang telah mencapai 51,3 per Desember 2020 serta impor barang baku dan barang modal yang sudah meningkat.

Selanjutnya adalah kredit usaha rakyat (KUR) yang telah meningkat pada 2020 kemarin sudah mencapai target 100 persen yaitu Rp190 triliun.

Baca Juga: Terima 25.000 Dosis, Kota Bandung Bersiap Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap II pada 28 Januari 2021

"Kalau kita melihat sektor yang lebih supermikro ataupun kecil itu penggunaan dari finansial teknologi juga angkanya sudah baik sudah mencapai Rp140 triliun," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat