kievskiy.org

Angka Pengangguran Tinggi, Menaker Ida Fauziyah Harap BLK Komunitas Penuhi Kebutuhan Pasar Kerja Lokal

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah beberkan kriterian pencairan BLT subsidi gaji tahun 2021.
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah beberkan kriterian pencairan BLT subsidi gaji tahun 2021. /Instagram.com/@kemnaker Instagram.com/@kemnaker

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi Covid-19, jumlah pengangguran terus meningkat. Pemerintah terus berusaha memberdayakan masyarakat dengan peningkatan skill (keahlian) dan menciptakan lapangan kerja melalui Balai Latihan Kerja (BLK) dan BLK komunitas yang terus dibangun.

"Persoalan utama angkatan kerja kita adalah rendahnya keterampilan (skill) sehingga produktivitas rendah. Selain itu masalah lainnya adalah akses angkatan kerja yg berada di pelosok terhadap BLK (Balai Latihan Kerja) Komunitas," kata pengamat ketenagakerjaan Tiimboel Siregar di Jakarta, Kamis 28 Januari 2021.

Menurut Menaker Ida, BLK Komunitas merupakan terobosan dari Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017 yang bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill.

Baca Juga: Tak Percaya Arie Kriting Pakai Guna-Guna, Ayah Indah Permatasari Rela Bohongi Istri Demi Sang Putri

Pendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas.

"Diharapkan dengan hadirnya BLK Komunitas, maka santri dan siswa lembaga pendidikan keagamaan serta masyarakat di sekitarnya, mendapatkan akses pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal," ujar Ida.

Menaker Ida mengungkapkan, sejak 2017-2019, Kemnaker telah mendirikan 1.113 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di masa pandemi saat ini, Kemnaker tetap berkomitmen meningkatkan kompetensi SDM Indonesia dengan mengurangi kapasitas yang semula dialokasikan 2.000 menjadi 1.000 BLK Komunitas.

Baca Juga: Bill Gates Buka Suara Soal Konspirasi Pandemi Covid-19 yang Dituduhkan Kepadanya: Itu Gila dan Jahat

Timboel mengatakan, upaya meningkatkan skill adalah dengan pelatihan. Media pelatihan yang strategis adalah menghadirkan BLK untuk rakyat Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat