kievskiy.org

Startup Logistik Andalin Raih Pendanaan Seri A dari Dana Ventura Sembrani Nusantara

Ilustrasi Startup.
Ilustrasi Startup. /Pixabay/geralt

 

PIKIRAN RAKYAT - BRI Ventures melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara melakukan investasi seri A ke startup logistik Andalin. Didirikan pada tahun 2016, Andalin
merupakan startup digital di bidang logistik yang merupakan pionir dalam memberikan solusi pada pelaku usaha lokal untuk melakukan kegiatan ekspor impor. Beberapa contohnya adalah pengurusan bea cukai, penyediaan jasa konsultan, asuransi kargo, dan pencarian angkutan kargo dengan harga terjangkau.

Pendanaan ini merupakan investasi ketiga Dana Ventura Sembrani Nusantara sejak
diluncurkan pada Juni 2020. Andalin juga menjadi startup dari sektor logistik pertama dalam portfolio BRI Ventures. Sebelumnya, Dana Ventura Sembrani Nusantara berinvestasi pada brand minuman Haus! dan sepatu lokal Brodo.

Dana Ventura Sembrani Nusantara hadir untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan
startup digital di Indonesia agar mampu tumbuh dengan cepat dan berdampak positif bagi Indonesia, hingga akhirnya menciptakan ekosistem startup yang berkelanjutan.
Selama pandemi Covid-19, Andalin mendapatkan kenaikan tajam dalam volume pengiriman barang, yaitu sekitar 500%, dimana average revenue per klien naik 450% dari tahun ke tahun.

“Kami sangat mendukung misi Andalin dalam menjadi solusi logistik yang selama ini merupakan salah satu kesulitan besar bagi pelaku usaha di Indonesia yang ingin masuk ke pasar global. Hal ini tentunya sejalan dengan komitmen BRI dalam terus mendukung dan memberdayakan UMKM di tanah air.” ungkap Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures.

Baca Juga: Tanah Abang Catat Kasus Stunting Tertinggi, Pemkot Jakarta Pusat Ambil Langkah Perbaikan

Nicko menambahkan, “Startup digital di bidang logistik seperti Andalin akan memperkuat proses ekspor-impor di Indonesia, tentunya hal ini dapat membantu mengurangi defisit perdagangan. Bahkan tanpa melihat dampak dari Covid-19 sekalipun, volume penjualan e-commerce secara keseluruhan di Indonesia saat ini sebesar 130 miliar USD pada tahun 2020. Sehingga tidak perlu diragukan lagi, Andalin dapat ikut mendorong Indonesia sebagai pusat perdagangan regional.

World Trade Organization melaporkan bahwa volume perdagangan global mengalami
penurunan sebesar 9,2% pada tahun 2020, dan naik kembali hingga 7,2% pada tahun 2021.
Sementara itu, pengiriman barang global diprediksi mencapai 207 miliar USD pada tahun 2026, hal tersebut naik dari 170 miliar USD pada 2019.

Rifki Pratomo, CEO Andalin mengatakan, “Pendanaan dari Dana Ventura Sembrani Nusantara ini menjadi sebuah dukungan yang dapat kami lihat sebagai bentuk kepercayaan dari BRI kepada Andalin. Dimana seperti kita ketahui, BRI merupakan pemberi pinjaman UMKM terbesar di Indonesia. Kami menilai, BRI merupakan mitra yang sangat tepat untuk mendukung pertumbuhanjangka panjang Andalin. ”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat