kievskiy.org

Ekonomi Diproyeksi Akan Tumbuh 4,5 Persen, Menko Airlangga Pastikan Penanganan Pandemi Covid-19 Sesuai Jalur

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. /Dok. Kemenko Perekonomian

PIKIRAN RAKYAT - Berbagai upaya dilakukan bangsa ini untuk bisa keluar dari segala dampak ekonomi, sosial, kesehatan, dan dampak lainnya akibat pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun di Indonesia.

Termasuk melarang pulang kampung alias mudik untuk kedua kalinya dilakukan pemerintah guna menghindari lonjakan kasus baru Covid-19. Di sisi ekonomi, pemerintah berikan berbagai bantuan, mulai membuka kembali sejumlah aktifitas ekonomi secara bertahap dengan penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan berbagai upaya penanganan ekonomi dan sosial masyarakat yang dilakukan pemerintah sampai saat ini telah sesuai jalur atau on the track.

Menko Airlangga mengatakan hal itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang semula kontraksi 5,32 persen pada kuartal II-2020 menjadi minus 2,07 persen dan diproyeksikan akan tumbuh sekitar 4,5 persen sampai dengan 5,3 persen pada 2021.

“Pertumbuhan tersebut didorong dengan adanya program pemerintah terkait pemulihan ekonomi nasional,” kata Menko dalam acara Visitasi Kerangka Manajemen Publik Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLIX Tahun 2021 di Jakarta, Senin 19 April 2021.

Baca Juga: Dapat Wasiat Spesial, Fotografer Pribadi Pangeran Philip 'Bersembunyi' Saat Pemakaman

Baca Juga: Kalina Ocktaranny Kerap Curiga, Vicky Prasetyo Ternyata Sering Kepergok Temui Mantan di Lokasi Syuting?

Menko Airlangga mengatakan pertumbuhan yang membaik dilatarbelakangi oleh Program pemulihan ekonomi nasional (PEN), kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, dan percepatan vaksinasi serta penerapan UU Cipta Kerja.

Ia menjelaskan perbaikan juga terlihat dari berbagai indikator ekonomi yang terus menunjukkan sinyal positif dan perlahan menunjukkan tren pemulihan ekonomi dan membentuk kurva V.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat