kievskiy.org

Sebut Sejumlah Indikator Ekonomi Membaik, Pemerintah Klaim Belanja Nasional Alami Pertumbuhan

Ilustrasi pasar. Pemerintah mengklaim belanja nasional pada April 2021 mengalami pertumbuhan./
Ilustrasi pasar. Pemerintah mengklaim belanja nasional pada April 2021 mengalami pertumbuhan./ /Pikiran Rakyat/Aep Hendy Pikiran Rakyat/Aep Hendy

PIKIRAN RAKYAT - Masyarakat Indonesia hingga kini masih berjibaku melawan pandemi Covid-19.

Ekonomi merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak akibat adanya Covid-19.

Terbaru, Pemerintah mengklaim sejumlah indikator ekonomi Indonesia terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan di tengah penurunan kasus aktif Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa pertumbuhan belanja nasional pada April 2021 cukup besar.

Baca Juga: Jelang KTT, Jaringan Masyarakat Sipil Indonesia Desak ASEAN Seret Militer Myanmar ke Pengadilan Internasional

Baca Juga: Satgas Covid-19 Pastikan Varian Covid-19 Asal India Belum Masuk ke Indonesia

"Tumbuh 32,48 persen secara year-on-year (yoy) untuk yang non-seasonally adjusted dan 13,11 persen untuk yang seasonally adjusted," kata Airlangga seperti dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari Anadolu Agency.

Di sektor industri, Indeks Manufaktur Indonesia atau Purchasing Manager's Index (PMI) mencapai level tertinggi yakni di level 53,2 naik dari periode sebelum 2019 yang biasanya rata-rata di level 51.

Selain itu, Airlangga juga menyebut bahwa penerimaan sektor industri juga mengalami kenaikan.

"Penerimaan sektor industri ini mengalami kenaikan yaitu tumbuh 10,26 persen secara year on year untuk yang non-seasonally adjusted dan 1,46 year on year yang seasonally adjusted," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat