kievskiy.org

Integrasikan Ekonomi ASEAN guna Pemulihan Ekonomi, Menko Airlangga Hartarto Paparkan 5 Strategi ACRF

Presiden RI Jojo Widodo (Jokowi) didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat KTT ASEAN untuk pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.
Presiden RI Jojo Widodo (Jokowi) didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat KTT ASEAN untuk pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. /Dok. Kemenko Perekonomian

PIKIRAN RAKYAT - Tindak lanjuti arahan pemimpin ASEAN pada KTT ke 36 untuk melakukan pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, paparkan lima strategi.

Kelima strategi kerangka kerja pemulihan ekonomi tersebut diberi nama ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF) dalam rangka mewujudkan terintegrasinya ekonomi ASEAN.

“Ini merupakan tindak lanjut dari arahan pemimpin ASEAN pada KTT ke-36 ASEAN pada 26 Juni 2020 untuk melakukan pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19,” kata Airlangga di Jakarta, Minggu 2 Mei 2021.

Airlangga menyebutkan lima strategi ACRF meliputi peningkatan sistem kesehatan, penguatan ketahanan manusia, memaksimalkan potensi pasar intra ASEAN, percepatan digitalisasi yang inklusif, serta maju menuju masa depan yang tangguh dan berkelanjutan.

Konektivitas di antara 10 negara anggota ASEAN juga semakin terintegrasi melalui Master Plan on ASEAN (MPAC) 2025 yang fokus pada lima area yakni sustainable infrastructure, digital innovation, seamless logistics, regulatory excellence, dan people mobility.

Baca Juga: Saat Indonesia Larang Mudik 2021, 18,3 Juta Pemudik di China Pulang Kampung Naik Kereta Api

Menurut Airlangga, hal itu harus dilakukan, mengingat ASEAN merupakan pasar terbesar ke-3 di Asia dan terbesar ke-5 di dunia serta merupakan salah satu pasar terintegrasi yang paling maju yang ditunjukkan melalui adanya populasi mencapai 660 juta jiwa.

Presiden RI Jojo Widodo (Jokowi) didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam KTT ASEAN untuk pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.
Presiden RI Jojo Widodo (Jokowi) didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam KTT ASEAN untuk pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Populasi itu membuat ASEAN memiliki basis konsumen yang luas, yakni terbesar ke-3 setelah China dan India secara global dan lebih dari 50 persen populasi ASEAN berusia di bawah 30 tahun, sehingga mereka adalah bagian terbesar dari angkatan kerja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat