kievskiy.org

Cerita Bebas dari Lilitan Utang Rp2 Miliar ala Milenial Asal Garut yang Kini Beternak

Milenial asal Kabupaten Garut, Jawa Barat Bayu Purnama Alam (28).
Milenial asal Kabupaten Garut, Jawa Barat Bayu Purnama Alam (28). /Dok. Bayu Purnama

PIKIRAN RAKYAT  - Kemudahan berutang dewasa ini tidak terhindarkan dari kehidupan para pengusaha pemula. Namun, tidak semua usaha dapat berjalan mulus sehingga utang dapat terbayar dan terlunasi tepat waktu.

Salah langkah, usaha tidak maju, ditambah lagi utang yang menumpuk. Siapa nyana itu pernah dialami milenial asal Kabupaten Garut, Jawa Barat Bayu Purnama Alam (28).

Pada usianya yang masih muda, ia pernah terlilit utang Rp2 miliar banyaknya, setelah didera kerugian di bisnis properti pada 2015.

Untuk memenuhi kebutuhan dan mencicil utangnya, ia pun bekerja di perusahaan swasta, menjadi sopir ojek online, sambil beternak lele, sapi, dan ayam broiler. Pada tahun 2016, dia pernah mencoba peruntungan baru di tempat kerja teranyarnya: Rumah Amal Salman ITB.

 Baca Juga: Nasib Pernikahan di Ujung Tanduk, Kalina Ocktaranny Sebut Vicky Prasetyo Menyesal Telah Menikahinya

Meskipun pendapatannya tidak sebesar di tempat kerja yang lama, Bayu yakin bekerja di lingkungan masjid  akan membantu banyak orang. Dia juga yakin jalan ini akan memberi kemudahan untuk melunasi utang-utangnya. 

“Barulah tahun 2017, saya mulai beternak sapi. Karena saya kan anak kampung, hidup selalu berkaitan dengan desa. Sebelum ke Bandung, saya aktif di organisasi kemasyarakatan di desa saya di Garut,” kata founder Daya Desa Farm dan Desa Punya ini, Kamis, 27 Mei 2021.

Siapa sangka sebuah kesempatan mengurus sapi jelang Idul Adha, justru menjadi peluang baru baginya. Suatu hari ada konsumen yang membutuhkan sapi berbobot 1 ton. Kebetulan, yang sedang ia rawat adalah sapi ternak berbobot 1 ton juga.

 Baca Juga: Wanita Rawan Sosial Ekonomi di Jabar Meningkat, Pemprov Ubah PRSTS Jadi Griya Wanita Mandiri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat