kievskiy.org

Pencipta Snapchat Berbagi Kiat Sukses

DI antara kaum muda, aplikasi Snapchat tentu bukan lagi barang baru. Aplikasi pesan video ini sudah memiliki 170 juta pengguna di seluruh dunia. Adalah Evan Spiegel, sosok anak muda di balik Snapchat.

Berkat aplikasi ini, Evan menjadi orang termuda dalam daftar 400 orang terkaya di Amerika Serikat versi Forbes dengan kekayaan mencapai 3,1 miliar dolar atau Rp 41,2 triliun.

Kekayaan itu membuat pria berusia 27 tahun itu menempati posisi 248 orang terkaya di Amerika Serikat. Evan sebenarnya tidak lulus saat kuliah jurusan desain produk di Universitas Stanford.

Di tahun terakhir untuk menyelesaikan tugas akhir, ia memutuskan fokus dan membesarkan Snapchat bersama Bobby Murphy dan Reggie Brown seperti dilaporkan Inc-Asean.

Snapchat sudah menjual saham perdananya kepada publik pada Maret 2017 lalu. Setelahnya, perusahaan berkode emiten SNAP itu berubah nama dari Snapchat menjadi Snap. Inc.  dan memiliki valuasi 20 miliar dolar, setara Apple dan Facebook.

Penggiat usaha rintisan Daniel Newman menyatakan pernah mendapat beberapa pelajaran berharga dari Evan. Berikut ini beberapa di antaranya

Temukan keahlian

Banyak orang, kata Daniel, fokus menutupi kelemahan. Evan justru menyarankan untuk menemukan keahlian yang spesifik kemudian mendalaminya. Meski tak lulus kuliah, Spiegel berusaha keras menjadi yang terbaik di bidang desain produk.

Dia menjadi master di bidang itu. Kemampuan itu membantunya memimpin Snapchat. Hal itu saja tidak cukup. Kamu juga harus membuat orang lain tahu bahwa kamu pakar di bidang tersebut.

"Kamu harus menemukan cara terbaik membuat dirimu terlihat," kata Evan seperti diwartakan Business Insider.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat