kievskiy.org

GoTo Gelar Konferensi Nasional Maju Digital, Disaksikan Lebih Dari 100.000 Kali

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ikut hadir dalam Konferensi Nasional Maju Digital'  yang diselenggarakan Grup GoTo
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ikut hadir dalam Konferensi Nasional Maju Digital' yang diselenggarakan Grup GoTo /dok. GoTo


PIKIRAN RAKYAT 
-  Grup GoTo melalui ekosistem Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial menggelar konferensi UMKM virtual bertajuk 'Konferensi Nasional Maju Digital' pada Sabtu, 14 November 2021.

Chief of Corporate Affairs Grup GoTo, Nila Marita, mengatakan antusiasme pelaku usaha terhadap konferensi tersebut luar biasa. Hal ini karena target penonton hanya belasan ribu, namun ternyata lebih dari 100.000 kali.

"Kami sangat mengapresiasi seluruh masyarakat Indonesia, terutama UMKM lokal, yang telah berpartisipasi dalam konferensi UMKM terbesar dan pertama dari Grup GoTo ini. Kami berharap seluruh materi yang disampaikan di acara ini bermanfaat bagi UMKM Indonesia untuk meningkatkan bisnis mereka,” ujar Nila Marita.

Baca Juga: MA Kurangi Hukuman Habib Rizieq Jadi 2 Tahun Penjara, HNW: Masih Belum Memenuhi Rasa Keadilan

Dalam konferensi itu, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan dengan menyampaikan digitalisasi UMKM menjadi sebuah solusi untuk membantu pelaku usaha beradaptasi.

“Di tengah tantangan roda perekonomian yang terdampak pandemi, digitalisasi UMKM menjadi sebuah solusi untuk membantu pelaku usaha beradaptasi dan mempertahankan keberlangsungan usahanya," kata Luhut.

Menko Marves menjelaskan pemerintah berkomitmen bekerja sama dengan seluruh pihak termasuk ekosistem GoTo.

"Hal ini untuk memberikan solusi positif kepada pelaku UMKM agar dapat memiliki usaha yang terus berkembang, berdaya dan berkelanjutan khususnya di masa pandemi,” ujar Luhut Pandjaitan.

Baca Juga: MA Kurangi Hukuman Habib Rizieq Jadi 2 Tahun Penjara, HNW: Masih Belum Memenuhi Rasa Keadilan

Meski dihadirkan secara gratis, Konferensi Nasional Maju Digital menghadirkan belasan sesi edukatif dan inspiratif seputar memulai bisnis, pengelolaan modal, branding dan pemasaran, lisensi usaha dan masih banyak lainnya.

Berbagai topik tersebut dibawakan oleh belasan pembicara termasuk pemerintah, pakar dan pegiat UMKM lokal.

Dalam konferensi ini, hadir pula founder @ceritaombotak dan Payung Tabasa, Jonathan Kho. Dia menyebut Konferensi Nasional Maju Digital merupakan inisiatif GoTo yang sangat diapresiasi oleh para pelaku UMKM.

'Karena terus mengajak masyarakat yang ingin memulai atau mengembangkan usaha lebih jauh dengan belajar bersama. Sesi-sesi yang dihadirkan pun sangat sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha," kata Jonathan Kho.

Sementara itu, musisi sekaligus Pemilik Unionwell, David Bayu, menyebutkan sebagai seorang pebisnis, platform teknologi punya peran yang sangat penting untuk mendukung perkembangan bisnis pelaku usaha, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini.

"Kehadiran Konferensi Nasional Maju Digital dari GoTo memberikan banyak manfaat karena para pelaku usaha bisa langsung berbagi wawasan dengan pelaku usaha lainnya sehingga bisa berkembang bersama-sama," ujar David Bayu.

Baca Juga: Sudah Kembali Ceria, Adik Bibi Ardiansyah Kebingungan Saat Gala Sky Terus Menerus Panggil ‘Mama’

Pemilik Sendok Kayu Dessert sekaligus salah satu UMKM yang mengikuti Konferensi Maju Digital, Dwi Bayu Anggraini, berpendapat wawasan yang disampaikan oleh para narasumber dalam konferensi itu sangat berbobot.

"Sebagai UMKM yang terus bangkit di tengah pandemi, kami sangat menghargai GoTo karena memahami kebutuhan para UMKM dalam menangkap peluang di era digital," kata dia.

Selain Konferensi Nasional Maju Digital, GoTo juga menggelar Kelas Maju Digital di Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Jabodetabek dan akan terus hadir di kota-kota lainnya.

Melalui Kelas Maju Digital, UMKM lokal setiap bulannya bisa mendapatkan pendampingan dan pembekalan terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan.

Pelaku usaha juga bisa berbagi wawasan dengan UMKM lainnya melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG) dan Keluarga Tokopedia (K-Top).***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat