kievskiy.org

Keuntungan Menggunakan Digital Banking untuk Investasi dan Transaksi

Ilustrasi investasi.
Ilustrasi investasi. /Pixabay/Mohamed Hassan

PIKIRAN RAKYAT - Beberapa tahun belakangan ini, bank digital memang banyak dipakai. Bahkan bank konvensional pun berlomba mengembangkan, dan membuka layanan bank digital melalui aplikasi yang bisa digunakan tidak hanya sebagai tabungan online melainkan aplikasi investasi. Pasalnya mengikuti perkembangan bank digital saat ini, mendorong Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan cetak biru transformasi perbankan digital pada akhir Oktober 2021 lalu.

Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan disusun dengan mengedepankan prinsip keseimbangan antara inovasi digital perbankan dan aspek prudensial untuk menjaga kinerja perbankan dalam kondisi sehat (prudent, safe, and sound banking).  Adapun banyaknya keuntungan dari digital banking dapat dilihat dari kemudahan proses pembayaran semua kebutuhan sehari-hari. Kamu juga bisa buka tabungan online, pembuatan rekening dan pengisian saldo awal dalam waktu yang singkat, tanpa perlu antri panjang.  Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi di bidang perbankan, kini digital banking sudah menerapkan berbagai aktivitasnya secara online penuh. Apalagi ditambah dengan adanya aplikasi tabungan yang juga bisa merangkap sebagai aplikasi investasi. Sehingga, memudahkan kamu untuk menabung sekaligus investasi dalam satu genggaman saja.

Tak sekadar memberi kemudahan layanan perbankan, hadirnya digital banking sesungguhnya membawa manfaat dan dampak jangka panjang. Berikut beberapa keuntungan digital banking yang bisa kamu rasakan.

Baca Juga: Perubahan Iklim Jadi Tantangan Ekonomi ke Depan, Indonesia Jaga Komitmen Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

1. Memberikan Pelayanan Keuangan yang Inklusif

Kamu akan mendapatkan layanan keuangan secara inklusif atau menyeluruh). Layanan bank secara daring ini bisa menjangkau masyarakat luas yang selama ini mungkin belum mampu tersentuh layanan bank konvensional secara langsung.

Hal ini bisa terwujud karena dalam melakukan ekspansi jangkauan wilayah, pihak bank daring tidak memerlukan biaya operasional yang besar untuk membangun kantor cabang serta mempekerjakan tenaga baru. Jadi, wilayah jangkauannya sangat luas selama di wilayah tersebut terdapat teknologi yang memadai untuk bisa terhubung dengan pusat bank.

Kelebihan ini sangat bermanfaat bagi nasabah yang berada di daerah luar kota. Selama ini nasabah perbankan di luar kota banyak bergantung pada lokasi kantor cabang atau kantor pusat bank serta lokasi ATM yang lumayan jauh dari tempat tinggal.

2. Layanan 24 Jam

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat