kievskiy.org

35 Perusahaan Akan Membuka Lowongan Kerja

FOTO ilustrasi sejumlah perusahaan membuka lowongan kerja.*/ANTARA
FOTO ilustrasi sejumlah perusahaan membuka lowongan kerja.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang akam menggelar job fair pada 23 Juli mendatang di Alun-alun Kota Serang. Hal itu dilakukan karena pascalebaran jumlah pengangguran di Kota Serang semakin banyak. 

Kepala Disnakertrans Kota Serang Ahmad Banbela mengatakan, bertambahnya jumlah pengangguran dapat dilihat dari meningkatnya para pencari kerja yang membuat surat AK1 (surat kuning). Jika pada hari biasanya rata-rata hanya 70 orang perhari menjadi 250 perhari pascakelulusan sekolah. Jumlah itu terus meningkat pascalebaran, bahkan bisa mencapai 400 orang perhari atau meningkat 150 orang perhari. 

"Yang 150 ini bisa jadi mereka PKM (pencari kerja migran), sehingga tidak hanya Disnaker tapi Disduk juga ramai karena untuk mendapatkan kartu kuning harus mengurus perpindahan KTP," kata Banbela kepada wartawan, Selasa 2 Juli 2019.

Menurutnya, sebagai OPD yang menjembatani para pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, pihaknya akan menggelar job fair yang akan melibatkan puluhan perusahaan di Kota Serang dan undangan beberapa perusahaan diluar Kota Serang. "Tanggal 23 kami undang untuk melaksanakan job fair di Alun-alun. Kami berharap tidak kurang dari 35 perusahaan," ucapnya. 

Selain menggelar job fair, lanjut Banbela, pihaknya juga saat ini sedang mempersiapkan sistem online dalam menginformasikan adanya rekrutmen pekerjaan dari perusahaan dan adanya permintaan dari pencari kerja. Dengan sistem itu, para pencari kerja bisa dengan cepat mendapatkan informasi.

"Sistem online itu namanya sistem informasi pasar kerja, itu sedang disiapkan," tuturnya kepada wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho. 

Ia berharap, dengan informasi yang cepat kepada pencari kerja dan perusahaan bisa mengurangi jumlah pengangguran di Kota Serang. Meskipun, kata dia, di Kota Serang tidak ada industri besar, hanya ada jasa dan perdagangan. Tetapi, sebagai ibukota provinsi Kota Serang banyak didatangi dari berbagai daerah. 

"Kami juga sudah komunikasi dengan kominfo, targetnya dengan begitu karena informasi lebih cepat ada penurunan tingkat pengangguran," tuturnya. 

Selama ini, ujar dia, Disnaker baru menjembatani informasi antara pencari kerja dan perusahaan yang sedang membuja rekrutmen melalui offline, yaitu dengan memberikan ruang kepada perusahaan untuk menempelkan informasinya di Disnakertrans dan memfasilitasi perusahaan mendapatkan calon pegawainya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat