kievskiy.org

Siapa yang 'Bermain'? Harga Ayam Anjlok di Peternak, Stabil di Pasar

FOTO ilustrasi peternakan ayam.*/DOK. KABAR BANTEN
FOTO ilustrasi peternakan ayam.*/DOK. KABAR BANTEN

PIKIRAN RAKYAT - Peternakan ayam skala rakyat terancam kolaps menyusul anjloknya harga komoditas ayam ditingkat peternak.

Saat ini harga ayam di kandang hanya berada dikisaran Rp 5.000-8.000 per kilogram atau sangat jauh dari harga pokok produksi yang berkisar Rp 18.000-19.000 per kilogram daging.

Perwakilan Kumpulan peternak ayam Agro Makmur Farm Deki Neriawan mengatakan kondisi yang dialami peternak ayam skala rakyat berbanding terbalik dengan situasi yang terjadi dipasar.

Baca Juga: Enam Karyawan Kahatex di Sumedang Terindikasi Positif COVID-19

Pasalnya, berdasarkan survei yang dilakukan pada 3 April lalu harga daging ayam justru stabil diangka Rp 30.000-35.000 per kilogram.

Padahal, jika mengacu pada harga di pasar maka harga daging ayam ditingkat peternak mestinya stabil diangka Rp 20.000-22.000.

Kemudian juga menggunakan harga di peternak yang tengah anjlok sebagai dasar perhitungan maka ditambah dengan angka penyusutan dan biaya transportasi mestinya harga di pasar hanya diangka Rp 15.000-17.000 per kilogram.

Baca Juga: 10 Tahun Mengabdi, Dua Oknum PNS Hadapi Sanksi Pecat dan Pidana Usai Curi 120 Boks Masker

“Ini anomali, menjadi pertanyaan apa yang sebetulnya terjadi. Siapa yang bermain karena rantai distribusi dari ayam hidup sampai konsumsi panjang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat