kievskiy.org

Jabar-Jateng di Sisi Selatan Akan Tersambung Jalan Tol Getaci Sepanjang 206,65 KM

Ilustrasi. Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) akan membangun Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) tahun ini. Pembangunan ini bekerja sama dengan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol).
Ilustrasi. Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) akan membangun Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) tahun ini. Pembangunan ini bekerja sama dengan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol). /Instagram @pupr_Bpjt

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) akan membangun Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) tahun ini. Pembangunan ini bekerja sama dengan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol).

Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap melintas di dua provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 Km dengan total panjang 206,65 km, yang menjadikan jalan tol ini sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Pembangunan Jalan Tol Getaci ini ditandai dengan Perjanjian Penjaminan Proyek di Gedung Auditorium Kementerian PUPR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, konstruksi pembangunan Jalan Tol Getaci diharapkan selesai pada tahun 2024.

Baca Juga: Kota Solo Disebut Cabang Tiongkok Hingga Antek-antek China gara-gara Lampion, Gibran Rakabuming: Orang Stres

Ruas Gedebage ini kata dia struktur geologinya cukup rumit dengan banyak batuan gunung yang rawan longsoran. 

"Perlu penanganan khusus dalam membangun konstruksinya," ujarnya dalam keterangannya, Senin, 31 Januari 2022.

Basuki juga menekankan kepada Asosiasi Tol Indonesia (ATI) terkait kenyamanan layanan jalan tol. Termasuk aspek pemeliharaan jalan tol menjadi sangat penting, seperti penghijauan dan pengecatan ulang. 

"Kita punya sekitar 2.400 km jalan tol yang sudah beroperasi. Saya usulkan kepada ATI agar pemeliharaannya dilakukan dengan lebih baik sehingga jalan tol tidak terlihat gersang dan kumuh. Di cat ulang semua bagian badan jalan, seperti yang sedang dilakukan di Bali dalam menyambut G20," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat