kievskiy.org

Fenomena Jamur Influencer Ajak Investasi Tanpa Ilmu, BEI: Sangat Meresahkan

Ilustrasi influencer trading atau investasi.
Ilustrasi influencer trading atau investasi. /PIXABAY/Mohamed_hassan

PIKIRAN RAKYAT - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengupayakan peningkatan literasi dan inklusi masyarakat tentang investasi di tengah maraknya influencer di media sosial yang mengajak para investor pemula terjun begitu saja di pasar modal.

BEI terus mengupayakan langkah pencerdasan bangsa di sektor ini dengan berinovasi, bersinergi serta berkolaborasi bersama berbagai pihak.

BEI berharap langkah ini dapat serta-merta memperbanyak ketersediaan format edukasi yang mudah dijangkau sekaligus mudah dipahami oleh publik.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo mengatakan edukasi dan literasi terus didorong oleh pihaknya dengan harapan masyarakat dapat menjadi investor yang cerdas.

Baca Juga: Habis-habisan Dikeroyok Skandal, Kalina Ocktaranny Akhirnya Minta Maaf ke Vicky Prasetyo

Salah satu edukasi yang tengah digalakkan pihak BEI adalah program 3P: "Paham, Punya, Pantau."

"Dalam investasi investor sendiri yang akan bertanggung jawab atas keputusannya, makanya harus cerdas," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Selasa 1 Maret 2022, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Dia menjelaskan, sebelum terjun ke pasar modal, investor harus memahami dulu bahwa investasi itu menggunakan dana lebih atau excess fund.

Kemudian investor juga harus paham kesesuaian profil risiko produk investasi dengan risk appetite masing-masing investor, serta paham tujuan investasi yang ingin dicapai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat